Fantastis! Oktober 2016, Siswa MI “Unggulan” Nuris Jember (Full Day School) Hafal 3 Juz Al-Quran

Fantastis! Oktober 2016, Siswa MI “Unggulan” Nuris Jember (Full Day School) Hafal 3 Juz Al-Quran

Jember- Program Tahfidz Al-Qur’an MI Unggulan Nuris Jember berhasil meraih kesuksesan yang gemilang. Terbukti, berdasarkan rekapitulasi hafalan Al-Qur’an bulan Oktober 2016, tercatat semakin banyak siswa dan siswi yang telah tuntas menghafalkan Juz ‘Amma, Juz Al-Qur’an ke-30. Hebatnya lagi, beberapa dari mereka sudah melampauinya, ada yang hafal 2 juz, bahkan 3 juz Al-Qur’an.

(Baca Juga: Profil Pondok Pesantren Nuris Jember)

“Saya bahagia sekali mendapat laporan pencapaian Tahfidz Al-Qur’an siswa dari Tim Manajemen Mutu MI Unggulan Nuris. Saya sangat puas. Program ini sesuai rencana bahkan melebihi dari rencana awal. Kami membentuk tim penjamin mutu untuk 3 program unggulan; Tahfidz Al-Qur’an, Tahfidz Nadlom Aqidatul Awam, dan TPA. Di bidang Tahfidz Al-Qur’an, kami mencanangkan seluruh siswa dan siswi MI Unggulan Nuris Jember harus hapal minimal juz Amma saat mereka lulus dari MI Unggulan Nuris Jember,” ucap Drs H. Soebandi, Kepala MI Unggulan Nuris Jember (Full Day School).

Ternyata, ada metode khusus untuk menggenjot capaian Tahfidz Al-Qur’an yang digagas oleh Tim Manajemen Mutu MI Unggulan Nuris Jember. “Secara global, semua siswa memiliki target yang harus dicapai di setiap jenjang kelas. Jika ada anak yang berminat dan memiliki bakat lebih, kami tambah dengan program ekskul Tahfidz Al-Qur’an. Kunci utama kesuksesan program tahfidz ini adalah dukungan penuh dari pihak yayasan, kepala madrasah dan guru-guru Tahfidz Al-Qur’an yang mumpuni. Kunci kedua, pembiasaan membaca Juz Amma setiap pagi sebelum pelajaran dimulai. Diharapkan dari pembiasaan itu mereka lebih mudah dalam menghafal Juz ‘Amma. Lalu sebagai pamungkasnya, setiap anak harus setor seminggu sekali kepada guru tahfidz MI Unggulan Nuris Jember,” papar Ning Lailatul Happy Dian, Wakil Kepala Madrasah sekaligus Kepala Manajemen Mutu MI Unggulan Nuris Jember (Full Day School).

mi-unggulan-nuris-jember-tahfidz

Setiap bulan Tim Manajemen Mutu melaporkan hasil pencapaian Tahfidz Al-Qur’an siswa dan siswi MI Unggulan Nuris Jember. Inilah hasil Rekapitulasi hafalan Al-Qur’an MI Unggulan Nuris Jember (Full Day School):

  • Hafal 3 Juz Al-Qur’an : 1 Siswa
  • Hafal 2 Juz Al-Qur’an : 4 Siswa
  • Hafal 1 Juz Al-Qur’an : 2 Siswa
  • Hafal 31-36 Surat Juz ‘Amma : 13 Siswa
  • Hafal 21-30 Surat Juz ‘Amma : 58 Siswa
  • Hafal 5-20 Surat Juz ‘Amma : 223 Siswa

Sedangkan nama siswa-siswi paling berbakat di dalam Tahfidz Al-Qur’an dari 302 Siswa MI Unggulan Nuris Jember (Full Day School) adalah :

  1. Sayyid Husein Ahmadinejad, kelas 3, hafal 3 juz (juz 1, 2 dan 3)
  2. Acmad Zakariyah, kelas 6, hafal 2 juz (juz 1 dan 30)
  3. Kuni Nuriyatul Ardila, kelas 6, hafal 2 juz (juz 29 dan 30)
  4. Laila Nur Ramadhani, kelas 4, hafal 3 juz (juz 1 dan 30)
  5. M. Wasil Khoirul Mubarak, kelas 3, hafal 2 juz (juz 29 dan 30)
  6. Aprilia Ayu Khoirunnisa, kelas 6, hafal 1 juz (juz 30)
  7. Najwa Lailatul Karimah, kelas 5, hafal 1 juz (juz 30)

“Saya sangat bersemangat mengikuti program Tahfidz Al’Qur’an di MI Unggulan Nuris Jember. Doakan saya bisa hafal Al-Qur’an sampai hatam. Amin,” ucap Sayyid Husein, salah satu siswa kebanggaan MI Unggulan Nuris Jember (Full Day School). (YOL/ANG/RED) 

(Baca Juga: September 2016, 57 Santri MTs Unggulan Nuris Hafal Nadlom Imrithy)

Related Post