M-Sains Astronomi Nuris Jember Gelar Seminar Astronomi

Nuris- Siswa SMA Nuris Jember yang tergabung dalam M-Sains Astronomi Nuris Jember menggelar Seminar Astronomi bertema Sehari Lebih Dekat dengan Astronomi, Jumat (20/10/2016), di Aula M-Sains Nuris Jember. Seminar ini hadir enam mahasiswa anggota komunitas JASTRO (Jember Astronomi Club) Universitas Jember. Mereka mejadi pembicara inti.

Heirlinda, tentor M-Sains Astronomi Nuris Jember mengungkapkan bahwa seminar ini sebagai upaya mewujudkan minat dan semangat siswa Nuris Jember belajar ilmu astonomi. “Dengan seminar ini diharapkan anggota M-Sains Astronomi semakin bersemangat belajar astronomi. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan menjaring minat siswa yang belum menjadi anggota M-Sains Astronomi untuk bergabung,” ujarnya.

Gus Robith, pengasuh Pondok Pesantren Nuris, mengaku antusias dan mendukung acara ini, ”Ilmu Astronomi atau dalam bahasa pesantrennya Ilmu Falak sudah dipelajari oleh ulama pesantren dari jaman dulu. Dalam kajian keislaman, ilmu astronomi mempelajari empat bidang, yakni arah kiblat, waktu sholat, awal bulan Hijriyah, serta gerhana matahari dan bulan. Dengan kegiatan ini diharapkan akan tumbuh bibit-bibit baru dari para santri yang nantinya akan menjadi ahli astronomi dan menjadi penerus perjuangan pendahulunya.” Tegasnya.

Pada seminar ini, peserta dikenalkan tentang ilmu astronomi, definisi, dan manfaatnya. Selain itu, mereka juga diajak untuk melihat video edukatif tentang astronomi. Tak tanggung-tanggung, peserta juga diajak ke luar ruangan untuk mengamati matahari menggunakan teleskop. Hanya saja, kegiatan pengamatan belum berjalan maksimal dikarenakan keadaan langit yang begitu mendung. “Rencananya ingin mendeteksi matahari, namun cuaca tidak mendukung,” ujar Fawaid, ketua panitia.

Dalam seminar tersebut juga dikenalkan olimpiade astronomi yang biasanya diadakan setahun sekali. Bu Mila selaku kepala bidang M-Sains memaparkan, “Tahun ini, M-Sains Astronomi telah mewakili kabupaten Jember mengikuti Olimpiade Sains Nasional di tingkat provinsi. Semoga dengan adanya kegiatan ini para anggota M-Sains Astronomi semakin bersemangat sehingga dapat bersaing dan berprestasi hingga tingkat nasional.” (Din/Red)

Related Post