Kaderisasi Tim Website Pesantren Nuris Jember

Pondok Nuris – Seleksi perekrutan anggota baru tim website Nuris ditujukan untuk menambah kuantitas tulisan yang akan dimuat untuk bahan bacaan masyarakat bahkan informasi-informasi terkini mengenai Pesantren Nuris Jember (20/11/2016).

(Baca juga: Siswa MTs “Unggulan”Nuris Jember Raih Juara 1 Nadhom Imrithy Tingkat Nasional)

Setiap minggu anggota tim website pesantrennuris.net mengadakan rapat besar bersama pengasuh PP.Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi Lc. untuk mengevaluasi hasil kerja tim website. Berdasarkan hasil rapat minggu lalu, anggota tim website mendapat acungan jempol atas hasil jerih payahnya.

Sinta Lutfi selaku ketua koodinator tim website mengatakan, ada beberapa kendala dalam pembuatan berita selama minggu ini. yaitu kurangnya anggota tim website yang tidak diimbangi dengan banyaknya informasi-informasi unik yang seharusnya diliput dan dimuat di Web.

Siswa MA Unggulan Nuris itu menjelaskan, dengan bertambahnya anggota akan menjadikan kuantitas tulisan semakin meningkat bahkan dibutuhkan waktu cukup singkat pula. Pasalnya, perekrutan anggota ini hanya dikhususkan untuk anak kelas X yang dianggap tidak terlalu sibuk dengan kegiatan sekolah dibandingkan kelas 12 yang dalam waktu dekat akan menghadapi tryout dan UNAS. Cukup tertarik, Gus Robith Qoshidi Lc. menyetujui pendapat Shinta.

Tiga hari sebelum dimulainya perekrutan anggota baru, tim website telah menyebar lembaran pamplet di mading-mading pesantren. Menurut sekertaris tim website, Shinta Louna Faqih telah mendata sekitar 35 orang pendaftar. Mereka akan menjalankan beberapa tes berdasarkan jurusan yang mereka minati. Ada tiga jurusan yang terdapat dalam tim ini.

1.REPORTER

   Syarat      : Kelas X SMA/MA, memiliki kemampuan menulis / jurnalistik dan gemar membaca.

   Kapasitas    : 10 orang

2. TEKNISI

    Syarat       : Kelas X SMA/MA , memiliki kemampuan dibidang TI/computer.

    Kapasitas   : 5 orang

3. EDITOR

    Syarat         : Kelas X SMA/MA, memiliki kemampuan dibidang kebahasaan(kata baku,tanda baca dll)

     Kapasitas    : 5 orang

Reporter, Ana Andriani mengaku berencana akan menempatkan para kandidat reporter tersebut di Aula Pesantren untuk tes seleksi keanggotaan reporter. Seluruh peserta akan di tes wawancara. Apabila dinyatakan lolos maka akan berlanjut pada tes selanjutnya yaitu tes mewawancarai dan yang terakhir membuat berita atau beberapa jenis tulisan.

Berbeda dengan teknisi, Eka Setia menempatkan para kandidat di kantor website untuk uji kemampuan mengoperasikan komputer.

Sedangkan editor memanfaatkan multimedia pondok untuk tes tersebut.

Ning Dian, Kepala Manajemen mutu MI “Unggulan” Nuris mengaku akan mengadakan diklat usai terpilihnya Tim Website junior. Beliau menjelaskan dengan adanya diklat ini diharapkan dapat menambah kualitas menulis anak.

“Jadi tidak hanya semakin bertambahnya kuantitas tulisan , tapi akan diimbangi dengan bertambahnya kualitas tulisan pula” imbuh Ning Dian. [RED/yolan].

Related Post