2 Siswa Nuris Taklukkan Ajang Olimpiade Matematika SNF 2019 tingkat Jawa Timur

2 Siswa Nuris Taklukkan Ajang Olimpiade Matematika SNF 2019 tingkat Jawa Timur

Pesantren Nuris – Santri Pesantren Nuris Jember tidak hanya jago soal ilmu keagamaan, tetapi juga mahir di bidang sains dan teknologi. Buktinya, sepekan lalu 2 siswa Nuris mampu bersaing ketat dalam Ajang Smart and Fast (SNF) 2019 Olimpiade Matematika tingkat SMA Sederajat se-Jawa Timur di Universitas Muhammadiyah Jember (03/02/2019).

Mereka adalah Marisca Nola, siswa kelas XII IPA 1 SMA Nuris Jember, peraih juara harapan 1, dan Nurlaili MJ., siswa kelas XI IPA A MA Unggulan Nuris, peraih juara harapan 3. Meski harus puas dengan juara harapan, mereka cukup mampu membuktikan potensinya dengan menyisihkan ratusan peserta dari 5 rayon se-Jawa Timur.

Pelaksanaan lomba adu tangkas bidang matematika ini terdapat 3 babak. Di babak penyisihan peserta harus mampu mengerjakan 50 soal pilihan ganda untuk lolos ke babak semifinal. Di babak pertama ini tersedia 5 rayon daerah yang akan terseleksi serentak dan diambil 40% peserta terbaik yang lanjut ke babak semifinal yakni, rayon Jember, Jenggawah, Banyuwangi, Bondowoso, dan Probolinggo.

(baca juga: Siti Khofifatul Azizah Hafizah 10 Juz, Raih Juara 3 Tartil se-Eks Keresidenan Besuki 2018)

Sebelumya, selain Marisca dan Nurlaili, terdapat 4 siswa terbaik dari Nuris lainnya yang lolos babak semifinal yakni, Ikatul Hasanah, XI IPA 1 SMA, Sri Agustiningsih, X IPA 1 SMA, M. Fauzi Karim X IPA A MA, dan Nurul Mustaqimah, X IPA A MA. Namun, hanya 2 siswa tersebut yang berlanjut ke babak final dan juara.

“Kami bersyukur mampu melewati babak demi babak dengan lancar. Hanya saja saat adu cepat kami agak tersendat. Namun, seandainya patokan nilai juara adalah hasil pengerjaan soal, sebenarnya nilai kami paling atas. Sebab, kami di Nuris diajari dengan model konsep sehingga butuh pemahaman tingkat tinggi sedangkan soal saat adu cepat kami kurang teliti dengan teknik cara cepat mejawab.” Ungkap Nurlaili.

“Semoga di ajang lomba matematika lainnya kami bisa lebih baik. Sekarang kami masih mematangkan diri untuk persiapan  ajang OSK dan KSM. Semoga terus diberi kelancaran dan sukses. Kami terus optimis untuk meningkatkan prestasi lembaga di Nuris.” Imbunya.[AF.Red]

Related Post