MHQ Pesantren Nuris Jember 2019, Ajang Internal Bervisi Global

MHQ Pesantren Nuris Jember 2019, Ajang Internal Bervisi Global

Pesantren Nuris – Pada hari Sabtu, 09 Maret 2019 lalu, Ajang Musabaqoh Hifzil Quran (MHQ) Pesantren Nuris Jember 2019 berlangsung khidmat dan tertib. Talenta penghafal Alquran di lembaga sasaran MTs Unggulan Nuris semakin masif dan kompetitif. Ada 3 kategori lomba MHQ tersebut yakni, MHQ golongan 3 juz, golongan 5 juz, dan golongan 10 juz.

Terbukti dari 3 kategori lomba MHQ tersebut, terdapat nama-nama baru sebagai peraih juara. Bahkan, potensi hafalan mereka tergolong meningkat fantastis jika dilihat dari kelancaran hafalan, tajwid, dan lagu yang digunakan.

Berikut peraih juara MHQ golongan 2 juz yakni, M. Jamaluddin sebagai juara 1; Khilfan M. Khobrian sebagai juara 2; dan M. Iqbal Ramadhani sebagai juara 3. Peraih juara MHQ golongan 5 juz yakni, Salman Alfarisi sebagai juara 1; M. Najih sebagai juara 2; dan Kamila Diniatus S. sebagai juara 3.

(baca juga: Jebolan Kelas Tahfiz MTs Unggulan Nuris, M. Farhan Rahardian Sabet Juara Provinsi tingkat Jatim di Surabaya)

Sementara itu, peraih juara MHQ golongan 10 juz adalah M. Farhan Raditya sebagai juara 1; M. Royhan Maulana sebagai juara 2; dan M. Farhan Rahardian sebagai juara 3. Mereka adalah para kader penghafal Alquran yang cerdas di masa depan, terbukti di antara mereka sudah banyak prestasi yang diraihnya. Sesuai tema MHQ 2019 ini adalah “Rajin Mengaji, Kunci Meraih Prestasi”.

Agenda yang telah berlangsung kali kedua oleh Kepala Madrasah Huffaz Quran Pesantren Nuris Jember ini, Eko Julianto, S.Pd.I menuturkan, “Alhamdulillah ajang MHQ yang kedua ini juga berjalan lancar. Agenda yang pertama pada bulan Oktober 2018 lalu. Harapannnya, acara ini bisa membidik talenta penghafal Alquran yang mumpuni dan mengevaluasi sejauh mana peningkatan hafalan mereka.”

Pelaksanaan MHQ Pesantren Nuris Jember 2019 ini didukung langsung oleh Biro Pendidikan Diniyah yang bekerjama sama dalam memantau perkembangan siswa MTs Unggulan Nuris bidang Alquran. “MHQ ini khusus siswa MTs karena berkenaan dengan program tahfiz di lembaganya.”

(baca juga: Borong Lima Piala Smugaforia 2019, MTs Unggulan Nuris makin Mantab)

Lanjut Ustad Berril selaku Waka Biro Pendidikan Diniyah Pesantren Nuris Jember mengatakan, “MHQ ini untuk meningkatkan mental siswa agar tidak minder ketika terjun di masyarakat. Sebagai ajang evaluasi, ini juga dibuat agenda rutinan agar siswa selalu siap mengaji di mana pun dan kapan pun.”

“Teknik MHQ internal yang bervisi global ini juga sesuai standar kompetisi. Dewan juri yang bertindak pun tak kalah professional seperti Abdul Halim, S.Ud bidang tahfiz; Iqbal Tamrin, S.H. bidang tajwid; dan Ustazah Siti Qomariyah untuk bidang fashohah.” Imbuhnya.[AF.Red]

Para juara MHQ Pesantren Nuris Jember 2019 golongan 5 juz
Related Post