Merangkak Dari Nol, Alumni Nuris Sukses Rintis Usaha Kuliner

Pesantren Nuris– Alumni Nuris yang satu ini terbilang unik dan ulet. Bagaimana tidak, ditengah kesibukannya menuntut ilmu di Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang, ia masih dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk berkarir. Sugianto merupakan alumni SMA Nuris Jember tahun 2011, ia diterima di Unibraw lewat tes seleksi beasiswa bidikmisi. 

Tepatnya pada tahun 2015, setelah menyelesaikan penelitian untuk tugas akhirnya, ia berinisiatif melamar kerja di sebuah perusahaan online shop, dan diterima sebagai kurir pengiriman barang. “Setelah tiga bulan berjalan, saya mempunyai inisiatif untuk ikut mengembangkan usaha tersebut. Mencoba kerjasama dalam bidang pemasaran sampai benar-benar menguasai ilmunya. Kemudian setelah satu tahun bekerja, saya memberanikan diri untuk berhenti dari pekerjaan dan membuka usaha sendiri,” ujar Sugik, panggilan akrabnya.

Tak berhenti di situ saja, setelah dua tahun lebih berjalan, ia mendapat ide untuk mengembangkan modal usahanya. Namun kendala dengan pengalaman lagi-lagi menjadi hambatan, iapun memutuskan untuk bekerjasama dengan orang lain yang lebih berpengalaman. “Setelah memilih dari beberapa tawaran kerja sama, maka saya putuskan untuk kerjasama dibidang kuliner. Tawaran dari kakak kandung saya terima, untuk membuka usaha warung makan, yang saya beri nama Nasi Goreng Gila,” tambah Sugik

(Baca juga: Alumni Nuris Ini Jadi Montir Handalan Asco Daihatsu Jember)

Warung makan Nasi Goreng Gila ini, berada di Kecamatan Kalibaru, Banyuwangi. Sudah berjalan sejak setahun yang lalu, usaha ini terlihat lancar dan tidak pernah sepi pembeli, karena Sugik senantiasa memberikan inovasi baru untuk menarik para pengunjung, misalnya dengan membuat level pedas pada menu nasi goreng, mulai dari level 1 hingga 6. Selain itu, juga terdapat varian lain seperti nasi goreng ayam, rempelo ati, jamur, bakso dll.

Bukan hanya tentang dirinya, lelaki kelahiran Banyuwangi ini juga berpesan kepada para adik-adik Santri Nuris.

“Selama kita tidak berhenti berusaha dan berdoa, maka Allah Swt pasti akan memberi kemudahan untuk usaha kita. Sebelum kalian mengawali sesuatu usaha, temukan dulu jati diri kalian, barulah kalian bisa melangkah. Jangan sampai kalian melakukan sesuatu karena terpaksa,” ujarnya mengakhiri percakapan dengan wartawan website pesantrennuris.net. [Red/Dev]

Nama: Sugianto
Lembaga: SMA Nuris Jember, lulusan tahun 2011
Karier: online shop dan warung makan Nasi Goreng Gila

Warung Nasi Goreng Gila Selalu Ramai Pembeli
Related Post