Tim SMP Nuris Jember Raih Juara 1 Cosinus Tingkat Jatim Bali

Prestasi Membanggakan Siswa SMP Nuris Raih Juara 1 Ajang Cosinus 2019 di Unej

Pesantren Nuris- SMP Nuris Jember kembali berbangga. Dua siswanya berhasil menjuarai ajang lomba Cosinus (Competisi Sains Siswa dan Mahasiswa) 2019, tingkat Jawa Timur dan Bali di Universitar Jember.

Kompetisi yang diadakan oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Unej ini terdiri dari tiga babak, yakni babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 6 Oktober 2019, babak semi final dan babak final  pada tanggal 20 Oktober 2019.

(Baca juga: Rekapitulasi Capaian Prestasi SMP Nuris Jember Terkini Agustus 2018 Maret 2019)

Pada babak penyisihan para peserta diminta untuk mengerjakan 50 soal pilihan ganda dari  mata pelajaran kimia, biologi dan fisika. Ekstrakurikuler Sains mengirimkan empat tim dalam babak penyisihan dan tiga diantaranya berhasil lolos ke babak semi final.

Tiga tim Nuris yang lolos antara lain tim satu Sheilla Ramadhania Aulia Putri dan Dita Nur Rohmah SMP Nuris Jember , tim dua Anisa Putri R dan Lutfiataul H dari SMP Nuris Jember, dan tim tiga Hafni Ainun dan Ahmad Wahid dari MTs Unggulan Nuris.

Pada babak semi final peserta diminta untuk mengerjakan 20 soal pilihan ganda, dan 5 esai dari mata pelajaran kimia, biologi dan fisika. Tes dilaksanakan pada pukul 08.00 WIB hingga 10.00 WIB. Jumlah peserta semi final adalah 75 tim dari seluruh SMP/MTs di Jawa Timur dan Bali, yang nantinya akan diambil lima besar untuk menuju ke babak final.

Pukul 12.00 WIB pengumuman babak final dilaksanakan. Salah satu tim dari SMP Nuris Jember berhasil lolos di babak final yakni Sheilla Ramadhania Aulia Putri dan Dita Nur Rohmah. Babak final dimulai pukul 13.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Pada babak final menggunakan metode Running Lab yakni peserta diminta untuk memasuki lima laboraturium satu persatu, disetiap laboraturium terdapat soal yang harus dikerjakan oleh peserta dengan estimasi waktu tiga menit setiap setiap soal. Soal berupa tes tulis, tes lisan, dan permainan sains.

(Baca juga: Lepas Pisah Tugas Mangang II Mahasiswa IAIN Jember Di SMP Nuris Jember)

Setelah Running Lab peserta lima besar akan diadu kecerdasan dan ketangkasan dalam cerdas cermat. Cerdas cermat dilaksanakan di Aula Gedung FKIP Unej. Ada dua tipe pertanyaan yakni benar salah dan cepat tanggap. Tim SMP Nuris Jember sangat cepat dan tanggap dalam sesi cerdas cermat ini, mereka yakin dan dapat menjawab dengan tepat setiap pertanyaan dari juri. Pengumuman pemenang dilaksanakan pukul 17.00 WIB, dan tim SMP Nuris Jember berhasil meraih juara 1 dalam kompetisi sains ini.

“Saya senang sekali dan tidak menyangka bisa menjadi juara 1, karena lawannya adalah para peserta OSN (Olimpiade Sains Nasional) tahun lalu yang pernah mendapatkan medali. Kami mendapat nilai tertinggi pada sesi cerdas cermat, harapan saya kedepannya bisa terus sukses di lomba-lomba berikutnya. Tidak lupa dimana saya berasal, tetap rendah hati sesukses apapun kita nanti, dan tentunya ingin sekali bisa tembus ke OSI (Olimpiade Sains Internasional) ” ujar Sheilla Ramadhania.

Ketika ditanya kiat-kiat Sheilla (Panggilan akrab Sheilla Ramadhania) dalam menghadapi lomba sains kali ini adaah dengan lebih rajin berdoa dan belajar. Mengikuti pembinaan sains, membaca amalan dengan rajin dan istiqomah, serta meminta restu dan doa kepada kedua orang tua serta guru.

Sedang Dita Nur Rohmah, teman satu tim Sheilla mengatakan ia sangat senang bisa menjadi pemenang dalam Cosinus ini. Dan dia berharap nantinya bisa menjadi penerus Sheilla yang merupakan kakak kelasnya. Ia juga ingin lebih mendalami sains khususnya pelajaraan fisika.

Sheilla Ramadhania dan Dita Nur Rohmah mendapatkan hadiah piala bergilir rektorat, piala juara satu, sertifikat dan uang pembinaan. Sukses selalu  Sheilla dan Dita serta SMP Nuris Jember. [Red.Dev]

Related Post