Serasa Bersua Robot Transformers, Serpihan Kisah NSEP 2020 (part 1)

Kunjungan ke Regional Observatory for The Public Songkhla, Mengenal lebih dekat dengan Astronot

Pesantren Nuris – Dari banyak agenda menarik yang dilakukan peserta Nuris Student Exchange Programme (NSEP) tahun 2020, kali ini salah satu peserta asal MA Unggulan Nuris dibuat takjub saat berkunjung ke Regional Observatory for The Public di Songkhla, Thailand [12/01/2020].

Sebagai santri yang memang belum pernah melihat langsung bagaimana asrtronot bekerja, di sana pelajar kelas XI IPA 2 MA Unggulan Nuris atas nama M. Risal Hidayatullah tersebut seperti melihat robot transformers saat mengamati seisi ruang observatory tersebut.

“Ini salah satu agenda study tour ke Songkhla bersama Nashru Dhiya Al Haramain dari MA Unggulan Nuris juga yang didampingi beberapa teman dari Ma’had Rusmee Sthaphana School, Pattani, Thailand. Senang sekali kami bisa belajar sains terutama astronomi secara langsung.” Ungkap Risal.

(baca juga: Langit Cerah di Atas Kubah Masjid Raya Pattani Thailand, Sepenggal Kata Selamat Datang)

Dalam kunjungan tersebut, Risal dan Nashru, mendapat beberapa penjelasan bagaimana proses kerja luar angakasa, mengenai galaksi, dan sistem tata surya. Mereka juga dikenalkan dengan museum kendaraan ruang angkasa oleh staf regional observatory tersebut.

“Saya bersemangat sekali menggali wawasan yang seluas-luasnya saat berada di sini bersama teman saya Nashru. Tentu ini sangat memotivasi saya untuk terus belajar, santri juga tak sepatutnya ketinggalan dalam hal sains atau astronomi seperti saintis muslim terdahulu seperti Al Farabi dan lain-lain.” Imbuhnya.

(baca juga: Gus Rahmatullah Rijal: NSEP Bawa Visi Santri Berwawasan Global dan Spirit Internasional)

Mereka merasa bersyukur sekali bisa terlibat dalam kegiatan NSEP tahun 2020 ini. Secara kebetulan, NSEP angkatan ke-5 tersebut merupakan yang terbanyak pesertanya yakni, sekitar 36 peserta. Mereka terbagi dalam 6 provinsi dan 5 kelompok untuk belajar, mengajar, dan bertukar wawasan bersama pelajar di Thailand. Selain itu juga, mereka terdapat agenda kunjungan ke Malaysia dan Singapura di akhir kegiatan NSEP tersebut.[AF.Red]

Related Post