Berkah Kuliah Seraya Mengabdi, Alumni Nuris Sukses Raih Gelar Sarjana di FIB UNEJ

Sempat Galau karena “Salah” Jurusan, Akhirnya Mantap Wisuda dan Ingin Lanjut Pascasarjana

Pesantren Nuris – Wisuda Universitas Jember (UNEJ) pada hari Sabtu, 25 Januari 2020 pekan lalu jadi momen mengesankan bagi alumni Nuris yang satu ini. Meski konsentrasinya sempat terpecah antara mengabdi di pesantren dengan berbagai tanggung jawab dan kuliah, dia mampu menuntaskan tugas akhir dengan baik dan raih gelar sarjana. Bagaimana kisahnya, yuk kepoin!

Dia bernama Riska Arifatus Sholeha, lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2014 silam. Mulanya merasa gamang saat dinyatakan lolos seleksi masuk kuliah pada jurusan sastra Indonesia, fakultas ilmu budaya (FIB), UNEJ. Sebab, keinginannya menjadi pendidik tak sesuai dengan pilihan jurusan studi sarjananya.

Seiring dengan berjalannya waktu, dan kesibukan di pesantren yang juga menumpuk, hari-hari saat kuliah kadang terasa berat dan melelahkan. Kadang timbul rasa ingin menyerah, tetapi motivasi dari Syaikhul Ma’had Pesantren Nuris Jember, KH. Muhyiddin Abdusshomad, selalu terngiang dalam benaknya sehingga kembali bangkit.

(baca juga: Selamat, Alumni Nuris Resmi jadi Sarjana Pendidikan dengan IPK Cumlaude)

“Jika kau tidak sanggup dengan lelahnya berjuang, maka kau harus siap dengan sakitnya kebodohan di masa yang akan datang. Itu nasihat kyai yang selalu terpatri di dalam dada. Semua ini jika dijalani dengan ikhlas dan berharap barokah, tentu perjuangan ini tak ada apa-apanya.” Tutur gadis kelahiran Jember, 04 Maret 1996 tersebut.

“Ya, semua saya jalani dengan ikhlas demi berharap ilmu dan berkah dengan mengabdikan diri di pesantren dan dekat dengan kyai. Ini kesempatan yang mengesankan bisa menjadi abdi dalem kyai dan bu nyai. Toh, saya akhirnya tetap bisa menyelesaikan tugas akhir dan wisuda.” Imbuhnya.

Usai merampungkan penelitian skripsi berjudul “Pemilihan Bahasa dalam Masyarakat Using di Dusun Karangpakel Desa Badean Kecamatan Bangsalsari”, pemudi asal Desa Kemuningsari Lor, Panti, Jember sukses meraih gelar sarjana sastra dan tuntas mempresentasikan di hadapan 4 dewan penguji. Hasilnya, IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) yang diraihnya sangat memuaskan yakni, 3, 05.

(baca juga: Impian yang Terwujud, Alumni Nuris ini Wisuda di Kampus PKN STAN)

Dengan berbagai lika-liku selama proses studi dan menjadi abdi dalem di pesantren, justru membuatnya semakin semangat untuk terus melanjutkan kuliah pascasarjana. “Saya ingin menjadi dosen, dan sebisa mungkin terus mengabdi di pesantren sambil kuliah magister. Mohon doanya, semoga dimudahkan.” Tuturnya.

Menurutnya, “Menjadi suatu keindahan tersendiri bisa mengabdikan diri di pesantren dan dekat dengan keluarga pengasuh. Tentu banyak pelajaran dan pengalaman yang tak mungkin didapatkan di bangku sekolah atau kuliah. Harapan saya, semoga bisa menjadi manusia yang bermanfaat.”[AF.Red]

Nama                    : Riska Arifatus Sholeha

Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, lulusan tahun 2014

Kuliah                   : Sastra Indonesia FIB,  UNEJ

Related Post