Suka Bahasa, Alumni Ini Abdikan Diri di Dunia Pendidikan

Siti Mahfudatul Lailiyah: Tak Perlu Wah, yang Penting Berkah!

Pesantren Nuris- Alumni Nuris yang satu ini merupakan alumni lulusan SMA Nuris Jember, jurusan IPA, lulusan tahun 2008. Ia adalah Siti Mahfudatul Lailiyah, wanita yang akrab dipanggil Lily ini sempat menjadi pengurus kebersihan ketika nyantri di Pesantren Nuris Jember.

Selain itu, ia juga menjadi anggota OSIS SMA Nuris Jember, setelah lulus dari SMA Nuris Jember ia lantas melanjutkan pendidikannya di Universitas Muhammadiyah Jember, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, program studi Bahasa dan Sastra Indonesia.

(Baca juga: pelan tapi pasti kisah sukses alumni nuris dari mekanik hingga kepala kantor pos cabang mumbulsari)

Lily mengaku mengambil jurusan Bahasa Indonesia karena ia suka dengam semua yang berkaitan dengan bahasa. Baik dari segi menulis maupun berbicara.

Untuk tugas akhir skripsinya ia mengambil penelitian tentang analisis kevariatifan kalimat dan pilihan kata pada poster, dan berkat kerja kerasnya ia lulus menjadi sarjana pendidikan pada tahun 2013.

Selama mengerjakan tugas skripsinya, ia juga sempat mengajar di SMPN 1 Pakusari, untuk mengamalkan ilmunya sekaligus praktek mengajar. Setelah lulus ia melanjutkan mengajar di SMPN 1 Pakusari, hingga tahun 2018.

“Tahun 2012 pada saat semester 7, saya sudah bekerja di SMPN 1 Pakusari. Tapi saat ini tempat dinas saya SMPN 1 Mayang karena mendapat surat penugasan dari bupati untuk bertugas di sana. Alhamdulillah saya menjadi salah satu guru GTT atau guru honorer di Kabupaten Jember . Dan semua mendapat SP (surat penugasan ) dari bupati untuk yang mengajar di lembaga SD dan SMP Negeri,” ujarnya.

(Baca juga: Dari hobi jadi profesi alumni nuris kini jabat waka kesiswaan)

Ia juga memberikan kesan selama pernah menjadi santri di Pesantren Nuris Jember. “Kesannya selama saya belajar di sana, banyak sekali ilmu yang saya dapat. Tak hanya ilmu pendidikan baik umum dan keagamaan yang ada di sekolah dan pesantren. Tetapi juga belajar tentang hati.  Bagaimana kita menjaga hati teman selama di Pesantren, belajar berbagi, dan masih banyak lagi pelajaran kehidupan selama nyantri di Nuris. Tak lupa bapak dan ibu guru serta ustad dan ustadzah yang selalu telaten mengajari kita,” ungkapnya.

“Buat adik-adik santri Pesantren Nuris Jember, selalu bersyukur dengan apa yang kita peroleh saat ini. Tekunlah beribadah supaya ikhtiar dalam bentuk belajar, berjalan beriringan dengan doa. InsyaAllah semua yang kita peroleh di masa depan penuh dengan berkah dan ridho Allah. tak perlu wah, yang terpenting berkah,  semangat adik-adikku,” tambahnya. [Red.Dev]

Biodata
Nama: Siti Mahfudatul Lailiyah
Alamat: Jl. Sritanjung No.4 Wirolegi, Kecamatan Sumbersari
Tempat, tanggal lahir: Jember, 24 Juni 1990
Lembaga: SMA Nuris Jember, IPA 2008
Kuliah: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Muhammadiyah Jember
Karier: Guru Bahasa Indonesia SMPN 1 Pakusari (2012-2018)
GTT SMPN 1 Mayang (2018-sekarang)

Related Post