Sejarah Asal Mula Hari Ibu

Penulis: Juwita Indah P*

Lirik lagu kasih ibu sepanjang masa, adalah ungkapan yang sering kita dengar bukan? tanpa sebab, kenyataan yang ada memeang ibu yang selalu menyayangi ,mengandung kita yang sejak kita di lahirkan ke bumi dan pertama kita menangis, sang ibulah yang menyambut kita dengan kebahagiaan yang penuh harapan dan tangis bahagia.

(Baca juga: Sejarah penerbangan pertama)

Lalu? mengapa tanggal 22 Desember merupakan hari ibu? hari ibu di tetapkan oleh Presiden Soekarno melalui dekrit presiden nomor 316 tahun 1959 yang menetapkan tanggal 22 Desember sabagai hari ibu.

Hal ini karena pertama kali disenggerakannya kongres perempuan Indonesia yang berlangsung di Yogyakarta tahun 1928. Dan peristiwa ini dikenang sebagai awal mula perjuangana perjuangan kaum perempuan di Indonesia.

(Baca juga: sejarah helikopter becak (helicak)

Dan pada saat Kartini di protes, dan dianggap hanya melakukan perjuangan di daerah Jepara dan Rembangan. Kartini juga dianggap lebih pro terhadap Belanda, untuk menghindarinya dari para warga Presiden Soekarno yang telanjur sudah menetapkan hari Kartini, akhirnya menetapkan hari ibu untuk mengenang para pahlawan perempuannya  lainnya.

Di Indonesia, organisasi wanita telah ada sejak 1912, dan terinspiransi oleh pahlawan-pahlawan wanita Indonesia pada abad ke 19 seperti Kartini, Cut Nyak Meutia, Dewi Sartika, Rasuna Said dan sebagainya. Akhirnya Soekarno memutuskan membuat hari ibu nasional sebagai hari mengenang pahlawan wanita atau kaum kaum wanita dan seluruh Indonesia.

Sumber gambar: kaltim.tribunnews.com

Penulis merupakan siswa kelas XI IPS 3 SMA Nuris Jember yang aktif di ekstrakurikuler jurnalistik

Related Post