Juara 2 Lomba Cerpen Santri, Siswa SMP Nuris Jember Catat Prestasi Tingkat Provinsi Jawa Timur

Cerdas dan Multitalenta, M. Arbabil Khiyar Bayu Jago Bahasa Inggris dan Cipta Cerpen

Pesantren Nuris – SMP Nuris Jember patut berbangga dengan capaian prestasi siswa cerdas yang satu ini. Usai meraih dua medali tingkat nasional awal Bulan Oktober 2020 lalu, kini M. Arbabil Khiyar Bayu meraih juara 2 lomba cerpren santri tingkat Provinsi Jawa Timur yang diumumkan secara daring via akun Youtube panitia, Forsis Channel pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 kemarin.

Bertepatan dengan peringatan Hari Santri Nasional (HSN) tahun 2020, siswa yang kini duduk di kelas IX E SMP Nuris Jember tersebut menorehkan prestasi bidang literasi yang sebelumnya belum pernah diraihnya. Dengan persiapan selama sepekan untuk mengonsep hingga mengetik karyanya, Bayu, sapaan akrabnya di Pesantren Nuris Jember, mampu merampungkan cerpen santri dengan ketentuan 3000 kata lebih.

“Terbilang sulit sebenarnya lomba ini untuk ukuran siswa SMP sederajat yang harus menulis 3000 kata lebih menjadi sebuah cerpen. Biasanya minimal 4 halaman sampai 6 atau 8 halaman, tapi ini sampai 10 halaman. Tentu ada tantangan tersendiri atas kreativitas dan ketahanan siswa dalam mengarang, dan Bayu mampu mengatasinya, hebat.” Ungkap Ibnu Wicaksono, selaku pembina ekskul penulisan kreatif sastra Nuris.

(baca juga: Siswa SMP Nuris Jember Raih Perunggu dalam Ajang Lomba tungkat Nasional)

Lomba cipta cerpen santri yang diinisiasi oleh DKD Forsis (Forum Silaturrahmi Santri) Jatim berlangsung secara online, masa pendaftaran dan pengiriman karya diberi masa tenggang sejak tanggal 28 Agustus s.d. 04 Oktober 2020. Sementara itu, masa penjurian hasil kiriman karya santri ini dijadwalkan sejak tanggal 05 Oktober s.d. 21 Oktober 2020.

Lalu, pengumuman para juara dilakukan melalui akun Youtube DKD Forsis Jatim sehari setelahnya pada puncak peringatan Hari Santri Nasional tahun 2020 pada hari Kamis, 22 Oktober 2020 pekan lalu, dinyatakan bahwa M. Arbabil Khiyar Bayu sebagai peraih juara 2 dengan judul cerpen “Tali Sahabat”.

“Senang bisa meraih juara cerpen santri, ini yang pertama kali saya ikuti dan alhamdulillah bisa membanggakan SMP Nuris Jember di tengah peringatan Hari Santri Nasional 2020 ini. terimakasih kepada orangtua, dan Bapak Ibu guru tentunya yang telah memotivasi dan membina saya.” Tutur Bayu.

Dengan prestasi ini, Bayu berhak atas uang pembinaan dan sertifikat juara yang konon akan dikirim sesegera mungkin yang terkonfirmasi dari panitia DKD Forsis Jatim. Gus Rahmatullah Rijal, selaku kepala SMP Nuris Jember juga antusias atas prestasi anak didiknya dan berharap terus ditingkatkan meski pandemi masih merebak di dunia.[AF.Red]

Related Post