Lanjut Pascasarjana Pengajaran Kimia di ITB Usai Lulus Cumlaude di UB Malang, Alumni Nuris ini yang Pertama

Terhalang Pandemi untuk Kuliah Keluar Negeri, Akhirnya Putuskan Pilihan di Salah Satu Kampus Impian di Bandung

Pesantren Nuris – Kabar membanggakan datang dari alumni Nuris yang satu ini. Pasalnya, usai menamatkan studi sarjana dengan predikat dengan pujian atau cumlaude di bidang sains yakni kimia di Universitas Brawijaya (UB) Malang, kini dia diterima masuk salah satu kampus tertua dan pencetak pemimpin negeri  yakni, studi pascasarjana di Institut Teknologi Bandung (ITB). Bagaimana profilnya, yuk kepoin ya!

Salwa Alfa Ni’am Putri, lulusan MA Unggulan Nuris jurusan IPA tahun 2015 ini resmi menjadi mahasiswa pascasarjana pengajaran kimia di Fakultas MIPA ITB. Usai mengikuti serangkaian tes tertulis secara online, karena pandemi covid-19 yang masih merebak secara global, pada bulan Mei 2020 lalu, akhirnya dia dinyatakan lolos pada bulan Juni 2020 sebulan setelahnya.

“Awalnya ada niat melanjutkan studi pascasarjana di luar negeri, tetapi karena pandemi akhirnya saya ragu. Sempat mau coba ikut tes pascasarjana di UGM Yogyakarta, namun setelah cari informasi, saya mantap ikut seleksi di ITB. Alhamdulillah bisa lolos tes dan saya lanjut jurusan pengajaran kimia.” Tutur gadis kelahiran Ponorogo, 31 Agusttus 1997 tersebut.

(baca juga: Berkat Barokah dan Restu Kiai, Alumni Nuris ini Kini Jadi Dosen Ekonomi)

“Biasanya usai tes tulis ada tes wawanacara untuk masuk ITB itu, mungkin karena pandemi akhirnya hanya tes tulis saja. Saya belajar dan benar-benar persiapan untuk tes masuk di ITB itu, apalagi materinya kimia umum. Usai  pengumuman, saya dapat kontak dari UGM untuk ikut tes, ya mau gimana lagi, saya sudah mantap di ITB. Mohon doanya semoga diberi kemudahan dan lancar.” Imbuhnya.

Gadis yang memang ingin berkiprah di dunia pendidikan ini merasa puas dan bangga bisa menjadi salah satu mahasiswa pascarasarjana jurusan pengajaran kimia Fakultas MIPA ITB. Sebelumnya, Salwa, sapaan akrab gadis cerdas ini mampu menamatkan pendidikan sarjana dengan IPK 3,51. Ini capaian yang terbilang istimewa untuk sarjana sains yang notabene rumit.

Saat ini perkuliahan yang dijalani masih secara daring. Dia berharap pandemic segera berlalu sehingga bisa merasakan atmosfer pendidikan pascarsarjana yang sesungguhnya dan terus berusaha memberikan yang terbaik. Sebagai santri dari Pesantren Nuris Jember, tentu Salwa sudah mempersiapkan diri untuk menjadi generasi cemerlang penerus bangsa di masa depan.[AF.Red]

Nama                    : Salwa Alfa Ni’am Putri

Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2015

Kuliah                   : S-1 Kimia di UB Malang, S-2 Kimia ITB     

Related Post