Melalui Pekan Literasi Nuris 2020, Berlomba dalam Kreativitas di Tengah Badai Pandemi (Bagian 2)

Membumikan Literasi Santri, Membangun Generasi Masa Depan Bangsa ala Pesantren Nuris Jember

Pesantren Nuris – Badai pandemi covid-19 tak membendung semangat kreativitas dan produktivitas santri di Pesantren Nuris Jember. Justru musibah besar ini dijadikan momentum oleh santri untuk semakin meningkatkan potensi dalam mempersiapkan diri menghadirkan generasi intelektual dalam mengawal peradaban bangsa yang tinggi.

Melalui pelaksanaan Pekan Literasi Santri Nuris yang digeber sejak tanggal 23 s.d 28 November 2020 menjadi wujud kepedulian Pengasuh Pesantren Nuris Jember, Gus Robith Qoshidi, dalam membangun semangat santri untuk tetap bertahan dan menggempur terpaan badai pandemi dengan kegiatan positif.

Segenap siswa turut serta memeriahkan Pekan Literasi Nuris 2020 dari berbagai kategori perlombaan yang disediakan seperti, cipta puisi, menulis cerpen, esai, dan news reading. Secara terjadwal usai SMP dan SMK Nuris Jember sukses selenggarakan agenda literasi ini pada tanggal 23 dan 24 November 2020, giliran lembaga MA, SMA, dan MTs Unggulan Nuris di hari berikutnya.

Pada hari Rabu, 25 November 2020, puluhan siswa dari lembaga MA Unggulan Nuris berkompetisi dalam Pekan Literasi Nuris 2020 tersebut dalam 3 kategori lomba. Di penghujung acara sekitar pukul 12.30 WIB, pengumuman para juara langsung diumumkan panitia di antaranya, Ulfatul Hefnia sebagai juara 1 news reading; Melah Sinta sebagai juara 2; dan M. Zahron Afifudin sebagai juara 3.

(baca juga: Tepat Peringatan HSN 2020, Siswi MA Unggulan Nuris Raih Juara 3 Cerpen Santri Tingkat Provinsi)

Pemenang kategori lomba cipta puisi yakni, Iffah Nurul Hidayah sebagai juara 1; Vitra Nanda Kirana sebagai juara 2; dan Moch. Hilman Faidul Umam sebagai juara 3. Sementara itu, pemenang lomba menulis cerpen adalah Rahmadira sebagai juara 1; Nurul maghfiroh sebagai juara 2; dan Nadistya Faradila Putri sebagai juara 3.

Selain 3 cabang lomba tersebut, dalam Pekan Literasi Nuris 2020 di MA Unggulan Nuris juga terdapat kategori esai. Para peraih juara kategori ini adalah Aura Maulida H., sebagai juara 1; Nikmatun Awwaliyah sebagai juara 2; Ihya Farabi Safa sebagai juara 3.

“Ikut senang dan bangga ikut serta dalam rangkaian acara Pekan Literasi Nuris 2020 ini. Kami untuk ikut lomba ini tak serta merta menulis, tetapi juga melalui pembinaan guru hingga tercipta karya tulis yang menarik dan sesuai tema lomba yakni, peran santri dalam memutus mata rantai covid-19. Dan Alhamdulillah karya saya dapat juara esai.” Tutur Ihya, salah satu peserta agenda tersebut.[AF.Red]

para juara pekan literasi nuris dari lembaga MA Unggulan Nuris
Related Post