Raih Juara 2 Baca Puisi Tingkat Nasional, MTs Unggulan Nuris Semakin Jaya

Bacakan Puisi Amir Hamzah, Dinan Farah Sairina Mampu Ekspresikan Padamu Jua dengan Maksimal

Pesantren Nuris – MTs Unggulan Nuris mengawali tahun 2021 dengan prestasi gemilang. Pasalnya, salah satu siswi terbaiknya mampu mengukir prestasi baca puisi tingkat nasional di ajang Gebyar Maulid SMA IT Nibs ke-1, Cilacap, Jawa Tengah, yang diumumkan secara daring pada hari Minggu, 24 Januari 2021 kemarin.

Dinan Farah Sairina mampu mengekspresikan puisi berjudul Padamu Jua karya Amir Hamzah dengan sempurna. Berkat penghayatannya itu, siswi yang kini duduk di kelas IX MTs Unggulan Nuris tersebut meraih juara 2 dan membanggakan almamaternya di kancah nasional.

(baca juga: Raih Juara Tingkat Provinsi Jawa Timur, Siswa MTs Unggulan Nuris Punyak Bakat Orator)

Karena pandemi covid-19 masih merajalela di seantero negeri, perlombaan baca puisi ini dilalui secara daring. Berbagai ketentuan diatur oleh panitia dengan saksama dalam perlombaan ini dan memaksimalkan media online sehingga banyak peserta dapat terlibat dan turut serta.

Setiap peserta membuat video pembacaan puisi bahasa Indonesia dari rumah atau sekolah masing-masing. Panitia menyediakan lima judul puisi yang wajib dipilih oleh peserta. Kemudian peserta mengunggah video di akun instagram peserta dengan ketentuan khusus setelah mengisi formulir pendaftaran online, paling lambat tanggal 20 Januari 2021.

(link informasi juara: https://youtu.be/7tuI2SgBRxQ)

Selang empat hari, pemenang kategori pembacaan puisi bahasa Indonesia dan cabang lomba lainya diumumkan di akun YouTube SMA IT Nibs. Dinan, sapaan remaja asal Antirogo, Sumbersari, Jember ini ditahbiskan sebagai peraih juara 2.

Peraih juara lainnya yakni, Naura Fitri dari SMPN 9 Semarang sebagai juara 3; dan RR. Nadia Marfath Khairunnisa dari SMP Muhammadiyah Al Mujahidin Gunungkidul sebagai juara 1. Mereka berhak mendapatkan tropi juara, sertifikat juara elektronik, dan uang pembinaan yang akan ditransfer oleh panitia.

Ning Hasanatul Kholidia, selaku kepala MTs Unggulan Nuris turut mengapresiasi capaian siswinya. “Alhamdulillah, di awal tahun 2021 bisa meraih prestasi yakni, juara 2 baca puisi tingkat nasional. Semoga ini menjadi awal yang baik dan menular kepada para siswa lainnya untuk semangat berprestasi meski masih pandemi.”

Capaian prestasi ini menambah catatan baik kinerja Seksi Penjamin Mutu Siswa Yayasan Nurul Islam Jember selaku pengelola bakat dan minat siswa. Melalui manajemen ekstrakurikuler yang profesional dan berkualitas sehingga mampu memunculkan siswa-siswa kompetitif dan berprestasi di segala bidang mulai bidang agama, bahasa, sains, hingga nonsains.[AF.Red]  

Related Post