Suka Cita Raih Sarjana Teknik Mesin, Alumni Nuris ini Terbiasa Mandiri dan Taklukkan Pandemi

Gapai Cita-Cita sejak di SMK Nuris Jember, Santri ini Tuntaskan Kuliah Sarjana Teknik Mesin dengan Predikat Sangat Memuaskan

Pesantren Nuris – Lulusan pesantren selalu bisa diandalkan untuk meraih impian. Punya tekad yang kuat, mandiri, dan istikamah menjadi senjata dalam jiwa setiap alumni Nuris seperti yang satu ini. Bisa kuliah di jurusan yang dicita-citakan dan mampu menuntaskannya dengan baik, kisah suka cita sosok ini cukup menarik. Yuk kepoin profil alumni ini!

Barangkali ada yang mengenal sosok Muhammad Ilham Bahtiar? Lulusan SMK Nuris Jember, program studi Teknik Kendaraan Ringan (TKR), lulusan tahun 2016 silam ini merasa bangga usai menuntaskan studi sarjana di Universitas Jember, jurusan teknik mesin.

Pasalnya, sejak belajar dan nyantri di Pesantren Nuris Jember, Ilham, sapaan akrab pemuda asal Desa Pengarang, Kecamatan Jambesari, Kabupaten Bondowoso tersebut berkeinginan mendalami ilmu mesin. “Di SMK saya suka belajar soal mesin sehingga pas lulus pun saya ingin mendalami skill saya lebih baik lagi.” tutur Ilham.

(baca juga: Cetak Generasi Bermutu dan Siap Kerja, SMK Nuris Jember Buka Pendaftaran Siswa Baru)

Nasib baik berpihak pada pemuda kelahiran Jember, 30 Agustus 1998 tersebut, dia mampu menggapai cita-citanya untuk studi sarjana di Universitas Jember (UNEJ) pada jurusan teknik mesin lewat jalur SBMPTN usai tamat dari SMK Nuris Jember.

“Belajar dan keinginan kuat serta pembimbingan yang intensif saat belajar di SMK Nuris Jember membuat saya bisa terus lanjut ke UNEJ. Sebab di SMK tidak hanya diajari skill teknik, tetapi juga persiapan berkompetisi untuk masuk kuliah. Saya bersyukur sekali berada di sana dan banyak yang saya dapatkan.” Tuturnya.

Seiring berjalannya waktu, dia menjalani hari-hari kuliah dengan penuh semangat. Sampai pada titik akhir, lelaki berambut gondrong ala penyanyi rocker ini, mampu merampungkan skripsi berjudul “Analisis Kekasaran Permukaan dan Morfologi Tatal Kayu Jati (Tectona Grandis L,f) pada Proses Sekrap”.

(baca juga: Lulus Langsug Bekerja, Alumni SMK Nuris Jember Diterima di Ahass Jaya Mayang)

Dia pun mampu mempertanggungjawabkan hasil penelitiannya tersebut di hadapan dosen penguji pada tanggal 29 Januari 2021 lalu via zoom. Meski pandemi terus membelenggu kreativitas, justru Ilham mampu melewati kondisi sulit ini dengan rasa bangga. Usai sidang, capaian indeks prestasi kumulatifnya pun terbilang baik yakni, 3,00.

Bahkan, dia terbiasa hidup mandiri di sela akhir-akhir masa kuliah pun sempat nyambi bekerja di sebuah kafe ternama di Jember, Café Kolong. Kesibukan ganda yang digenggamnya pun tak mengahalangi tekad Ilham untuk lulus dengan baik menjadi sarjana teknik mesin UNEJ. Justru, apa yang dijalaninya hingga kini, banyak pelajaran positif yang didapatkan oleh Ilham.[AF.Red]

Nama                    : Muhammad Ilham Bahtiar

Lembaga              : SMK Nuris Jember, Prodi TKR, tahun 2016

Kuliah                   : Teknik Mesin, UNEJ

Karier                    : Chef di Café Kolong Jember sejak tahun 2019     

Related Post