Kegigihan dan Proses Kreatif Panjang, Siswa SMA Nuris Jember Taklukkan Festival Sains dan Budaya 2021

Bersaing Ketat dengan Ratusan Peserta Se-Nusantara, Masuk 10 Terbaik hingga Raih Juara 3 Nasional OSEBI

Pesantren Nuris – Siswa SMA Nuris Jember ini memang luar biasa. Masih kelas X sudah mampu bersaing dengan ratusan peserta terbaik se-Indonesia di ajang Festival Sains dan Budaya 2021 bidang OSEBI (Olimpiade Seni dan Bahasa Indonesia), kategori lomba penampilan puisi yang diselenggarakan oleh Eduversal, pada hari Minggu, 21 Februari 2021 lalu.

Anastasia Salma Al Ghaida, siswa kelas X IPA 2 ini, memang punya keterampilan seni penampilan puisi yang dahsyat. Kegigighannya berlatih di kegiatan ekstrakurikuler seni pertunjukkan, Anastasia, panggilan akrabnya, semakin meningkatkan bakatnya hingga mampu berkompetisi di ajang bergengsi tersebut dan didapuk sebagai juara 3.  

Tak mudah bagi remaja kelahiran Jember, 06 September 2004 tersebut, hingga didapuk sebagai juara 3 tingkat nasional. Perlombaan yang dimulai sejak akhir bulan November 2020 lalu, butuh perjuangan proses kreatif yang panjang dan kegigihan yang luar biasa.

“Ya, saya berlatih cukup lama hingga akhirnya video penampilan puisi saya selesai dikirim sesuai tanggal deadline pada 5 Desember 2020. Lomba ini bikin nderedeg sebab yang ikut banyak dan setiap provinsi ada perwakilannya. Dan alhamdulillah pas tanggal 23 Desember 2020 lalu diumumkan 10 terbaik, nama saya masuk di sana.” Tutur Anastasia.

(baca juga: Kece Abis, Ini Dia Perjuangan Tiga Siswa SMA Nuris Jember Rengkuh Piala BBC Action 2021)

“Selain saya, juga ada Alfi Salsabila dari MA Unggulan Nuris yang juga lolos babak final. Setelah pengumuman, kami langsung mempersiapkan diri untuk latihan lagi. Naskah puisi yang kami dapatkan secara acak dari panitia dan dalam waktu yang cukup singkat sehingga kami tak mau buang waktu untuk latihan.” Imbuhnya.

Sempat merasa kelelahan dan sakit demam, Anastasia, alumni SMPN 2 Jember ini, terus berjuang hingga video penampilan puisinya tuntas dan dikirim pada tanggal 06 Februari 2021. Tak cukup di situ, usai mengirim video, Anastasia juga harus mempersiapkan diri menghadapi Uji Kemamuan Bahasa Indonesia (UKBI), yang juga masuk penilaian bidang OSEBI ini.

Setelah melewati berbagai rangkaian perlombaan yang panjang dalam ajang Festival Sains dan Budaya 2021 ini, akhirnya acara puncak penghargaan penampilan puisi diumumkan oleh panitia via zoom dan YouTube. Para juara lainnya yakni, Abdul Mu’thi (SMA Pribadi Bilingual Boarding School Bandung) sebagai juara 1; dan Ainun Nafisa Riski Hidayah (SMAN 2 Semarang) sebagai juara 2.[AF.Red]    

Related Post