Karya Komik Siswa SMA Nuris Jember Kreatif, Raih Juara 2 Dentine Essay Competition di UNAIR Surabaya

Berinovasi melalui Karya Komik untuk Dorong Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut, Tim LKTI SMA Nuris Jember Mantul

Pesantren Nuris – Dua siswa SMA Nuris Jember catatkan prestasi gemilang di ajang Dentine Essay Competition di Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya pada tanggal, 21 Februari 2021 pekan lalu. Sisihkan ratusan peserta se-Indonesia, tim LKTI SMA Nuris Jember mampu raih  juara 2.

Mengikuti lomba esai tingkat nasional, Diza Ulya Nurfaizah dan Aisyah Nur Azizah menggagas sebuah inovasi yang unik dalam upaya mendorong kesadaran untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Mereka menyusun esai dan poster yang menarik sehingga mampu bersaing dengan berbagai karya dari peserta lainnya.

Judul esai yang ditulis oleh dua siswa jenius tersebut yakni, “Optimalisasi Peran Orang Tua melalui Media Komik Tiga Dimensi Kesehatan Gigi dan Mulut (Misi Sehat Gigimu) dengan Model Procede-Procede”.

(baca juga: Kece Abis, Ini Dia Perjuangan Tiga Siswa SMA Nuris Jember Rengkuh Piala BBC Action 2021)

“Karena pandemi covid-19 yang tak kunjung usai ini banyak pelombaan berlangsung secara daring. Kami di SMA Nuris Jember tetap berupaya berkarya meski kondisi yang cukup sulit ini. Alhamdulillah karya esai kami lolos sebagai finalis dan bahkan sampai juara 2.” Tutur Diza, ketua tim LKTI ini.

“Kami sangat bersyukur atas capaian prestasi ini. ide awal pembuatan karya ini berkat hasil riset sederhana yang kami lakukan bersama pembina LKTI di SMA Nuris Jember. Nah, setelah kami tuangkan dalam esai dan buat poster ternyata memang menarik kan anak-anak yang menjadi sasarannya suka komik biasanya sehingga kami inovasi dalam hal gigi dan gusi ini” imbuhnya.

Berkat capaian prestasi ini, dua siswa SMA Nuris Jember yang sama-sama duduk di kelas XI IPA 2 tersebut mendapatkan sertifikat juara elektronik, tropi, dan uang pembinaan sebesar Rp750.000,00. Mereka pun terus berupaya mengasah kreativitas terutama dalam karya ilmiah agar dapat digunakan dalam keseharian.[AF.Red]

pengumuman juara via zoom dari panitia FKG UNAIR Surabaya
dua siswa SMA Nuris Jember saat mempresentasikan karya esainya via zoom
Related Post