Pramuka Nuris Jember Delegasikan Anggota Ikuti Napak Tilas Pahlawan Nasional KH. R. As’ad Syamsul Arifin

Bukan sekadar Kegiatan Pramuka, Ngalap Barokah, dan Turut Isi Kegiatan Positif di Tengah Pandemi

Pesantren Nuris – Gerakan Pramuka Nuris Jember pangkalan Yudhisuma tetap menggeliat berkegiatan dan aktif dalam bakti sosial di tengah pandemi yang tak kunjung usai. Selama sepekan kemarin, sejak tanggal 22 Maret sd. 27 Maret 2021, delegasi Nuris tersebut turut partisipatif kegiatan napak tilas pahlawan nasional KH. R. As’ad Syamsul Arifin.

Delegasi Pramuka Nuris Jember Pangkalan Yudhisuma tersebut yakni, Ihya Farabi Safa, Leo Chandra Susanto, dan M. Zaky Qur’ani. Mereka turut bergabung bersama segenap peserta lain yang tampak antusias dalam mengenang perjuangan tokoh kiai ternama asal Sukorejo, Situbondo, Jawa Timur tersebut.

Kegiatan napak tilas pahlawan nasional KH. R. As’ad Syamsul Arifin ini diinisiasi oleh IKSASS (Ikatan Santri Alumni Salafiyah Syafi’iyah) Rayon Jember dan Pramuka Universitas Islam Jember (UIJ). Karena masih pandemi covid-19, peserta yang turut serta terbatas agar tidak terjadi kerumunan dengan jumlah total 30 peserta saja.

(baca juga: Keren Pakai Bingit, Alumni Nuris ini Ketua Pramuka Racana Arjuna Srikandi Polije)

“Kami bersyukur didelegasikan oleh Pesantren Nuris Jember dan Gerakan Pramuka Nuris Pangkalan Yudhisuma ikut serta mengenang perjuangan Kiai As’ad dalam mengusir Jepang kala menjajah di daerah Pasar Alas Garahan, Silo, Jember. Kegiatan ini bukan hanya kegiatan fisik, tetapi juga menempa rohani kami.” tutur Ihya Farabi Safa.

Siswa yang kini duduk di kelas XI IPA 2 MA Unggulan Nuris juga menuturkan, “Banyak hal yang mengesankan di agenda ini, kami berjalan menyusuri alam tempat perjuangan Kyai As’ad bahkan dibuatkan tugu di daerah Garahan Silo. Sepak terjang beliau harus bisa kami teladani bukan sekadar santri, melainkan pejuang kemerdekaan bangsa.”

Perjalanan napak tilas ini ditempuh lebih dari 60 KM. Setiap kelompok terbagi dalam sepuluh peserta dan dipimpin oleh 1 komando. Sesuai dengan tema agenda napak tilas tersebut yakni, “Langkahkan Kaki, Langkahkan Hati, Mantapkan Niat untuk Membentuk Jiwa yang Kuat”, kegiatan ini benar-benar membentuk motivasi dan inspirasi yang utuh dalam meneladani Kyai As’ad.

“Selama dua hari kami berjalan alhamdulillah lelah, tetapi menyenangkan sih. Banyak bertemu teman-teman anggota Pramuka lainnya jadi semakin semangat. Semoga apa yang kami jalani menjadi sebuah usaha mendapatkan barokah.” Tutup Ihya dengan semangat.[AF.Red]

peserta napak tilas berfoto di depan tugu pahlawan nasional KH. R. As’ad Syamsul Arifin
peserta napak tilas mengikuti kerja bakti di kawasan pengabdian, Silo, Jember
Related Post