Dinikahkan oleh Syaikhul Ma’had, Acara Akad Nikah Alumni Ini Juga Dihadiri oleh Tokoh-tokoh NU Jember

Kagumi Sosok Suami, Alumni Nuris Resmi Naik Pelaminan

Pesantren Nuris- Kabar bahagia datang dari alumni MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2015. Yang baru saja melaksanakan resepsi pernikahan pada 23 Mei 2021 lalu. Ia adalah  Qorizha Islamiah Ningrum.

Qorizha mengaku sudah melaksanakan akad nikahnya dengan suami pada November 2020 lalu secara sirri, dan baru melaksanakan nikah secara agama sekaligus resepsi pada bulan Mei 2021.

“Akad nikah kami sebenarnya sudah tahun 2020 lalu,  tepatnya hari Minggu, tanggal 8 November 2020 ba’da magrib. Kenapa akad tidak bersamaan dengan resepsi, karena pada saat itu perjanjian keluarga kita bukan hanya di ikat secara tunangan, karena manurut keluarga tunangan itu agar keluarga laki-laki dan perempuan saling kenal. Akan tetapi untuk hal yang diluar itu bagaimana? Jadilah musyawarah 2 keluarga agar lebih baik kedepannya di berlangsungkan nya sebuah Akad agar lebih mengikat secara agama walaupun secara negara masih di musyawarahkan kapan tanggalnya,” ungkapnya.

(Baca juga: from china with love duo sejoli santri ini ikat cinta terinspirasi dawuh gus robith qoshidi)

“Lalu pada tanggal 23 Mei 2021tepat pada hari Minggu pukul 07:00 WIB, kami melangsungkan akad nikah kembali yang disebut  Tajdid al-Nikah (pembaharuan pernikahan) resmi secara agama maupun Negara dan disertai dengan resepsi atau yang disebut selamatan pernikahan,”

Akad nikah Qorizha dan Mansur dilaksanakan di rumah mempelai wanita di Desa Patempuran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember, dan dinikahkan langsung oleh syaikhul ma’had Nurul Islam Jember, KH Muhyiddin Abdusshomad.

Banyak sekali tokoh NU yang hadir dalam acara tersebut, diantaranya PCNU Kabupaten Jember, yakni Rais Syuriah PCNU jember KH Muhyiddin Abdusshomad beserta Nyai Hj. Hodaifah, Ketua Tanfidziyah PCNU Jember KH Abdullah Syamsul Arifin, Wakil Ketua PCNU Jember Gus Robith Qosidi   beserta  Istrinya Ning Lailatul Happy Dian, Gus Abdurrahman Beserta Istri Ning Balqis Al Humairoh,Gus Rahmatullah Rijal.

Pengurus anak cabang (PAC) ISNU kalisat Gus Ahmad Badrus Sholihin putra dari Pengasuh Pondok pesantren Miftahul Ulum Kalisat Jember, dan Juga keluarga besar Pondok Pesantren Al-Badri Gumuksari Jember yang sekaligus masih keluarga besar mempelai wanita. Serta di damping oleh pengurus Banser kalisat.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur sekali, akhirnya hajat keluarga Allah kabulkan di doakan banyak Kyai dan Gus-gus. Sedangkan yang hadir dalam acara resepsi,  dihadiri oleh keluarga besar mempelai wanita dan laki-laki, tetangga mempelai wanita, serta temen-teman orang tua mempelai wanita, dan sebagian DPRD Kabupaten Jember serta Kepala Dinas Kabupaten Jember,” ungkapnya.

Gadis kelahiran Jember, 15 Februari 1997 ini juga menceritakan sedikit tentang awal perkenalannya dengan sang suami.

(Baca juga: jalani taaruf alumni ma unggulan nuris ini resmi menikah)

“Awal kenal suami pertama kali di Puskesmas Sumbersari yang suami ingat, akan tetapi yang saya ingat ketemu pertama kali di RS Paru Jember. Kebetulan pas ketemunya saya sedang menjenguk kakak kandungnya yang sedang opname di rumah sakit maupun di Puskesmas tersebut. Kakak kandung suami kebetulan senior aktif saya di PMII walaupun kita beda kampus. Kenal awal dengan suami tahun 2016, pada saat itu suami sudah ada rasa dengan saya (bahasa anak sekarang ya) hehehe.  Awalnya saya tidak merespon perasaan suami terhadap saya karena saya tidak punya perasaan kepada beliau. Akan tetapi suami tetap saya berbuat baik setiap harinya walaupun kita tidak pernah ketemu atau pun satu kampus hanya berhubungan baik via wa,  saya juga merepon baik kepada beliau, karena hakikatnya kalau orang lain baik ke kita, kita harus baik kepada mereka,” ungkapnya.

“Waktu berlalu sampai saya lulus S1, pada acara wisuda saya tidak memberi tahu beliau karena memang tidak ingin merepotkan beliau, al hasil hadiah pun tetap sampai kepada saya melalui sahabat saya Cholis. Singkat cerita setelah S2 di Jogja saya lost kontak dengan beliau, saat pulang ke Jember karena pandemi, saya dipertemukan dengan beliau lagi pada satu pekerjaan yaitu sensus penduduk beliau minta bantuan kesaya soalnya beliau ada kerjaan lain yang tidak bisa ditinggalkan, nah dari situ kita ada niat baik dan beliau sendiri langsung mengucapkan kalau mau jaga saya ke umi setelah itu saya dan keluarga istikharan dan minta doa serta istikharah kepada guru dan kyai jawabannya baik, Alhamdulillah kami melaksanakan tunangan sampai akad  dan Alhamdulillah sah secara Agama dan Negara dengan izin Allah dan restu kedua orang tua,”

Qorizha juga menyampaikan yang membuatnya jatuh hati dengan sang suami karena suaminya adalah sosok yang pekerja keras dan tanggung jawab.

“Yang saya suka dari suami beliau, Pekerja keras hal ini juga di sukai oleh Abi saya karena semenjak umur 3 tahun beliau sudah ditinggal Ibundanya seumur hidup, kedua beliau sangat mandiri apapun yang dia punya sekarang hasil kerja keras sendiri dan semangat dari orangtuanya, ketiga tanggung jawab yang luar biasa serta benar-benar sayang dan cinta tulus dengan saya, kalau hanya suka karena nafsu tidak akan mungkin beliau mengunggu saya kurang lebih 4 tahun kalau difikir logika manusia,  dan yang membuat saya yakin menikah dengan beliau adalah Allah Swt, Allah yang memberi keyakinan bahwa beliau benar-benar laki-laki baik yang akan bertanggung jawab terhadap keluarganya,”

Ia sangat bersyukur pernikahannya berjalan dengan lancar, dan tentunya merasa sangat bahagia.

“Perasaan setelah menikah Alhamdulillah lebih bahagia karena suka duka, susah senang  kita lalui berdua sebagai mana mestinya keluarga. Harapan kedepanyannya dari pernikahan ini adalah menjadi keluarga yang sakinah mawaddah warahmah, menjadi keluarga yang tenang, tentram, damai, penuh cinta dan kasih sayang, dan menjadi keluarga yang bahagia dunia akhirat, serta memiliki keturunan yang sholeh dan sholehah,”

Semoga langgeng hingga jannah-Nya, serta jadi keluarga yang sakinah mawaddah waa rahmah amin. [Red.Dev]

Nama: Qorizha Islamiah Ningrum
Lembaga: MA Unggulan Nuris, 2015
Alamat: Dusun Junggrang 01 Rt/Rw 023/006 Desa Petempuran Kecamatan Kalisat Kabupaten Jember
Tempat, tanggal lahir: Jember, 15 Februari 1997
Nama suami: Mansur

Qorizha dan suami berfoto bersama pengasuh Pesantren Nuris Jember
Related Post