Visi Sejahterakan Petani Cabai, Karya Siswa MA Unggulan Nuris Juara Nasional di Universitas Negeri Malang

Melalui Ide POBIZA (Pupuk Blok Mikoriza), Upaya Inovasi Tingkatkan Hasil Tanaman Cabai Rawit yang Berkualitas

Pesantren Nuris – MA Unggulan Nuris benar-benar sesuai dengan jargonnya sebagai madrasah sejuta prestasi. Baru-baru ini tiga siswa terbaiknya meraih juara 3 lomba karya tulis ilmiah tingkat nasional di Universitas Negeri Malang pada ajang VOSICO Geografi 2021.

Mereka adalah Ahmad Kamil Ramadhani, Natasya Naura Maulida, dan Moh. Azhar Zanky Dhausad. Ketiga siswa MA Unggulan Nuris tersebut adalah satu tim yang menggagas sebuah karya ilmiah berjudul “POBIZA (Pupuk Blok Mikoriza) Studi Potensi Efektivitas Penambahan Mikoriza pada Kompos Blok terhadap Pertumbuhan Cabai Rawit”.

Setelah dinyatakan lolos melalui seleksi karya abstrak, mereka melanjutkan pengiriman karya ilmiah dengan mengirim full paper kepada panitia. “Seperti biasa pada lomba-lomba KIR sebelumnya, apalagi pandemi kayak gini yang setiap lomba berlangsung secara daring. Untuk lomba ini kami membuat ide inovatif yang sekiranya banyak membawa manfaat.” Tutur Kamil, siswa kelas XI IPA 1 selaku ketua kelompok.

Sebagai pelajar sains yang berkonsentrasi bidang karya ilmiah, Kamil juga menceritakan tentang visi misi karyanya yang menggagas inovasi bidang pertanian demi mewujudkan peningkatan kesejahteraan petani cabai.

(baca juga: Dua Siswa MA Unggulan Nuris Taklukkan Arabic Competition Tingkat Nasional di UNHASY Jombang)

“Dengan gagasan inovasi ini kami bereksperimen bagaimana meningkatkan pertumbuhan tanaman cabai dan yang tentunya berfungsi menambah hasil panen. Bukan soal juara lomba saja, kami sebagai santri juga harus melek inovasi sains dan teknologi. Ini sebagai salah satu upaya kami.” imbuhnya.

Tak dinyana, melalui gagasan POBIZA ini, ketika masuk ke babak grand final pada hari Sabtu, 19 Juni 2021 lalu, mereka mampu meyakinkan dewan juri melalui aplikasi zoom. Tepat pada hari Senin, 21 Juni 2021 saat panitia mengumumkan hasil penilaian dewan juri, karya siswa MA Unggulan Nuris Jember diputuskan sebagai peraih juara 3.

“Tentu merasa bangga dan senang sekali kami mampu mengharumkan lembaga Nuris di kancah nasional. Apalagi lomba ini diadakan di kampus negeri bergengsi pula. Semoga kami semakin meningkatkan kreativitas dan gagasan ini bisa lebih aplikastif sesuai visi misi karya kami.” tutup Kamil.[AF.Red]

dari depan (Ahmad Kamil Ramadhani, Natasya Naura Maulida, dan Moh. Azhar Zanky Dhausad) saat simulasi presentasi babak grand final ajang VOSICO Geografi 2021 via zoom
Related Post