Gelar Sidang Virtual, Alumni Ini Sandang Sarjana Hukum

Sukses Raih Gelar Sarjana Tepat Waktu, Fokus Persiapan Menuju Pascasarjana

Pesantren Nuris – Kabar bahagia datang dari alumni MA Unggulan Nuris lulusan tahun 2017. Rizky Wijayanti, pasalnya gadis cantik asal Ambulu, Jember ini baru saja ujian skripsi via virtual dan resmi menyandang gelar sarjana hukum.

“Alhamdulillah saya senang sekali, baru saja saya mempresentasikan hasil penelitian saya di hadapan para penguji walaupun via online,” ungkapnya.

Setelah lulus dari MA Unggulan Nuris, ia lantas melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni di jurusan Hukum Tata Negara, di IAIN Jember yang sekarang bertransformasi menjadi UIN KH. Ahmad Siddiq Jember.

Gadis kelahiran Situbondo, 11 November 1999 ini mengaku, sedari MA dulu berangan-angan masuk di prodi Hukum. Alhasil ketika mengikuti pendaftaran UMPTKIN dia dinyatakan lolos pada prodi pilihan pertamanya yakni, Hukum Tata Negara UIN KHAS Jember.

“Meskipun ketika MA saya di jurusan PK, namun ketika memasuki kelas 3 saya tertarik dengan dunia Hukum. Makanya ketika kuliah ingin masuk ambil jurusan Hukum, dan alhamdulillah keterima dan sekarang dinyatakan lulus,” paparnya dengan penuh syukur.

(baca juga: Selamat Wisuda, Alumni Nuris ini Siapkan Diri jadi Dosen)

Untuk tugas akhir kuliahnya dia mengambil judul penelitian “Peran Tokoh Agama dalam Meningkatkan Partisipasi Masyarakat Pada Pilkada Jember Tahun 2020 Ditinjau Dari Hukum Islam”.

“Mengambil judul ini karena saya melihat banyak tokoh agama di Jember ini yang aktif berpartisipasi dalam pemiliham umum ketika Pilkada kemarin. Dari banyaknya tokoh agama tersebut tentu pandangan poilitiknya berbeda-beda dengan alasan yang menyertainya sendiri-sendiri. Hal itu saya kira menarik untuk diteliti,” jelasnya ketika ditanya latar belakang mengambil judul itu.

Rizky sangat bersyukur bisa lulus tepat waktu, walaupun rintangan ketika proses penelitian ia katakan agak kerepotan dengan keadaan pandemi seperti sekarang ini.

“Untuk rintangannya sendriri saya akui agak rumit, melihat kondisi yang sekarang. Ketika proses penggalian data yang mengahruskan wawancara langsung dari narasumber saya sangat kesulitan. Karena tidak semua tokoh agama tersebut mau ditemui, butuh waktu yang lumayan lama agar data yang saya butuhkan ini terkumpul,” terangnya.

Untuk langkah selanjutnya yang akan ditempuh, rizky mengaku ingin menempuh pendidikan S-2.

Semoga lancar jalan kedepannya dan selamat atas sidangnya, semoga bisa menjadi sarjana yang amanah, dan mendapat ilmu yang bermanfaat amin ya rabbal alamin.[IrfanSholeh]

Nama             : Rizky Wijayanti

Lembaga       : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2017

Kuliah            : Jurusan Hukum Tata Negara, UIN KHAS JEMBER

Related Post