Kuliah Sambil Bekerja, Alumni Ini Pilih Jurusan Manajemen

Sempat Gap Years 2 Tahun, Alumni Ini Kembali Lanjutkan Pendidikan

Pesantren Nuris- Bekerja sembari kuliah, merupakan dua aktivitas yang cukup menantang jika dilakukan bersama-sama. Begitupun bagi alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2019 ini. Memilih kuliah sambil bekerja, membuatnya tumbuh jadi pribadi yang lebih mandiri. Yuk simak profil lengkapnya!

Sukmal Insan Rahmatullah merupakan alumni SMA Nuris Jember, ketika duduk di bangku SMA ia pernah aktif di ekstrakurikuler sains bidang KIR dan ekstrakurikuler puisi. Ia bahkan pernah beberapa kali menjadi juara di tingkat kabupaten hingga nasional.

Di bidang KIR ia pernah mendapat juara 2 karya tulis ilmiah nasional di Universitas Merdeka Malang, juara karya tulis ilmiah nasional di Universitas Jember, dan di bidang puisi ia pernah mendapatkan juara harapan 2 baca puisi tingkat kabupaten.

(Baca juga: sempat galau pilih jurusan, alumni ini mantapkan diri jadi calon guru)

Setelah lulus dari SMA Nuris Jember, Sukmal tak langsung melanjutkan pendidikannya, ia memilih untuk bekerja terlebih dahulu. Ia pun diterima kerja di Vivo, sebagai promotor.

Tak menyerah sampai di situ, setelah 2 tahun berlalu, pada 2021 ini Sukmal pun memutuskan untuk melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi. Ia pun memilih jurusan managemen, fakultas ekonomi bisnis, Universitas Terbuka Jember.

“Alhamdulillah saya sangat bersyukur bisa kembali melanjutkan pendidikan saya. Sebenarnya saya sempat diterima di UIN Malik Ibrahim Malang dan UIN Sunan Kalijaga di Yogyakarta, lewat jalur UMPTKIN, namun karena ummi saya tidak menginzinkan jadi saya relakan. Alhamdulillah sekarang saya kuliah di Universitas Terbuka, saya sangat senang karena kita banyak belajar saat menjadi mahasiswa, selain ilmu pelajaran, pengalaman pun menjadi bekal yang sangat penting. alasan saya mengambil jurusan managemen karenaa lebih familiar di dunia kerja dan bisa masuk di Jobdis manapun ,” ungkapnya.

“Harapan saya kedepannya semoga bisa mencapai goals dan lebih baik lagi, baik di dunia pendidikan maupun karier,” ujarnya.

(Baca juga: semoga bahagia dua alumni nuris resmi ucap janji suci)

Sukmal menerangkan bahwa ia memilih kuliah system online di Universitas Terbuka supaya ia tetap dapat bekerja.

“Saya kerja sistem sift, dan saya masuk ke Universitas Terbuka dengan pilih tuton online, jadi sampai saya lulus saya tetap kuliah online, tidak ada tatap muka.  Jadi saya bisa kuliah sambil kerja,” ungkapnya.

Ia juga menuliskan kesan selama pernah nyantri di Pesantren Nuris Jember. “Kesan selama pernah mondok di Nuris, pastinya sangat senang bisa mondok di Nuris, karena saya bisa mendapatkan banyak ilmu yang bisa saya pelajari di Nuris, bukan hanya tentang pelajaran umum tapi agama pun di utamakan,” ujarnya. Sukses selalu ya Sukmal. [Red.Dev]

Nama: Sukmal Insan Rahmatullah
Tempat, tanggal lahir: Jember, 10 Oktober 2001
Alamat: Dusun Rayap Kemuning Lor Rembangan Jember
Kuliah: S1 Jurusan Managemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Terbuka Jember

Related Post