Pemenang Lomba Ceris Kemenag tahun 2019, Alumni Nuris ini Siap Bedah Bukunya di Pesantren Nuris Jember

Penulis Novela Di Sepanjang Sungai Bedadung Aswajaku Mengalir, Langganan Juara Bidang Literasi Saat Nyantri

Pesantren Nuris – Keluarga besar Pesantren Nuris Jember kini bersuka cita atas rencana kehadiran alumni Nuris yang satu ini. Ia pernah membanggakan almamater pesantren dengan capaian prestasi bidang literasi mulai tingkat kabupaten, provinsi, hingga nasional. Konon, novela Di Sepanjang Sungai Bedadung Aswajaku Mengalir karyanya yang baru saja terbit akan dibedah di Pesantren Nuris Jember tercinta.

Alumni SMA Nuris Jember, jurusan IPA, lulusan tahun 2021 ini bernama Sofina Adwitya Ramadhani. Gadis berparas cantik dan cerdas ini adalah siswa kebanggaan Nuris karena berbagai prestasi gelimang yang telah diraihnya selama nyantri. Dari sekian prestasinya yakni, juara harapan 1 cipta puisi tingkat kabupaten di UNEJ, juara harapan 1 ajang Ceris (Cerita Islami) Kementerian Agama (Kemenag), dan juara 1 tingkat nasional cipta puisi religi di UNAIR Surabaya.

Kecintaanya pada dunia literasi benar-benar mampu dituangkannya melalui kegiatan ekstrakurikuler penulisan kreatif sastra di SMA Nuris Jember. Selain torehan prestasi, beberapa karya puisinya juga telah diantologikan secara bersama baik di SMA Nuris Jember maupun di lingkup eksternal. Bahkan, karya novela Sofina berjudul Di Sepanjang Sungai Bedadung Aswajaku Mengalir telah terbit bulan April 2021 lalu.

(baca juga: Pernah Juara Fotografi Tingkat Internasional Semasa SMA, Alumni ini Ambil Jurusan KPI)

Novela Di Sepanjang Sungai Bedadung Aswajaku Mengalir menjadi karya pertamanya yang diterbitkan oleh Penerbit Sulur Yogyakarta. Karya novela tersebut memang diadaptasi lagi dari karya Ceris Kemenag tahun 2019 lalu, dan telah direvisi ulang lalu terbit siap menyapa pembaca karya sastra berkualitas.

Mengetahui karya novelanya terbit, Sofina, sapaan akrab pemudi asal Kalisat, Jember tersebut, merasa bahagia. Apalagi setelah mendapat undangan dari Pesantren Nuris Jember bahwa karya novelanya akan dibedah pada bulan Oktober yang bertepatan dengan bulan hari santri dan bulan sumpah pemuda. Ia pun bersemangat memenuhi undangan tersebut untuk berbagi pengalaman dengan santri di Nuris.

“Dalam berkarya saya tidak pernah berpikir soal juara atau memenangi kontes apa pun. Yang terpenting saya bisa menuangkan isi hati dan otak saya dengan menyampaikan pesan dalam karya puisi atau pun novel saya. Alhamdulillah jika mendapat apresiasi sehingga saya bersemangat untuk terus produktif.” Tukas Sofina.

Kali ini gadis kelahiran Jember, 23 November 2002 sedang melanjutkan studi diploma 3 di Universitas Jember, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, jurusan usaha perjalanan wisata. “Saya ambil jurusan kuliah ini karena dunia wisata memiliki prospek kerja yang cukup luas. Dengan demikian juga memacu saya untuk banyak belajar bahasa asing, ini menjadi cita-cita saya.” Katanya.

Ke depan dia berharap bisa menjalani studi diploma dengan lancar dan terus mengasah serta mengembangkan bakatnya. Bagi Sofina, pengalaman saat nyantri di Pesantren Nuris Jember dengan sarana yang ada, membuatnya cukup siap menghadapi tantangan perkuliahan yang ada dan tetap produktif sebab di Nuris sudah terbiasa mengatur waktu yang cukup padat.[AF.Red]

Nama                    : Sofina Adwitya Ramadhani
Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2021
Kuliah                   : Univeritas Jember, FISIP, Usaha Perjalanan Wisata

Related Post