Jadi Mahasiswa ITS, Alumni Ini Ambil Jurusan Kimia

Diterima Melalui Jalur SBMPTN, Alumni Ini Calon Saintis

Pesantren Nuris- Bisa kuliah di universitas impian merupakan keinginan sebagaian besar siswa kelas 12 sekolah menengah atas, apalagi diterima melalui jalur SBMPTN, yang notabene diminati oleh seluruh calon mahasiswa di Indonesia.

Nah alumni Nuris yang satu ini sungguh beruntung, melalui jalur tersebut ia diterima di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, di jurusan Kimia Fakultas Sains Analitika Data. Wow keren sekali bukan? Yuk intip profil lengkapnya!

Listya Gandhini M, merupakan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2021. Ketika di SMA Nuris Jember, ia sempat aktif di ekstrakurikuler Bahasa Inggris. Tak hanya itu, di pesantren ia juga aktif di kepengurusan yakni sebagai tim kreatif devisi bahasa pesantren.

(Baca juga: pernah jadi ketua ekskul bahasa arab alumni ini mantap perdalam bahasa dan sastra arab)

Dan kini Listya telah resmi menjadi mahasiswa di jurusan Kimia Fakultas Sains Analitika Data, ITS. Ia mengaku, mengambil jurusan ini karena melihat prospek kerja jurusan kimia yang luas. “Jurusan kimia punya cakupan pengetahuan dan lapangan kerja yang luas, selain itu jurusan ini juga saya minati dari dulu,” ungkapnya.

Listya mengatakan, menjadi mahasiswa itu tantanga baru baginya, apalagi saat ini ia masih ahrus menjalani kuliah online yang baginya itu sangat membosankan dan tidak nyaman.

“Menjadi mahasiswa tentu tidak mudah. Karena sebuah tanggung jawab yang besar, kita dilatih untuk lebih profesional dalam menghadapi masalah dan peka terhadap lingkungan sekitar . apalagi saat ini saya masih melaksanakan kuliah online, yang menurut saya itu sangat tidak nyaman, karena saya sendiri sebagai mahasiswa sains tidak bisa melakukan praktikum secara langsung di laboraturium. Selain itu, kita tidak bisa berinteraksi dengan dosen maupun teman-teman kampus. Meskipun itu terjadi melalui online, menurut saya akan memberi hanya sedikit kesan yang didapatkan saat bertemu orang baru(kemungkinan besar akan lupa karena hanya melalui layar saja),” ungkapnya.

“Meski demikian, saya sangat bersyukur bisa lolos dan masuk di universitas yang selama ini saya impikan. Harapan saya kedepannya, saya ingin menjadi mahasiswa yang berguna bagi masyarakat dan dapat terus  menimba ilmu ke cakupan yang lebih jauh,” harapnya.

(Baca juga: Calon akuntan, alumni ini tertarik akuntasi sejak sma)

Tak hanya aktif menjalani perannya sebagai mahasiswa, Listya juga ikut serta dalam SPE ITS. “Untuk saat ini belum terlalu aktif mengikuti banyak organisasi,  karena masih semester awal, saya lebih memprioritaskan akademis dahulu.Tetapi saya mengikuti  SPE ITS(Society of Petroleum Engineer ITS),” ujarnya.  

Ia juga memberikan kesan selama pernah mondok di Pesantren Nuris Jember. “Sangat berkesan sekali, karena budaya di pondok dengan teman-teman yang ramah dan selalu welcome jadi tidak sungkan. Guru-gurunya juga friendly dan sabar banget. Semoga Nuris menjadi pondok pesantren dapat menciptakan santri-santri yang mempunyai akhlak dan moral yang baik, serta dapat bersaing secara intelektual, amin,” ujarnya mengakhiri. [Red.Dev]

Nama: Listya Gandhini M
Alamat: Kaliwining Bedadung Kulon, Rambipuji
Tempat, tanggal lahir: Jember, 6 Mei 2003
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2021
Kuliah: S1 jurusan Kimia Fakultas Sains Analitika Data, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

Related Post