Ungkap Gagasan Bela Negara Santri, Siswa MTs Unggulan Nuris Juara 3 Pidato Bahasa Arab Tingkat Provinsi

Aktif sebagai Peserta Ekstrakurikuer Bahasa Arab, Latih Potensi Diri Bahasa Asing dan Raih Banyak Prestasi

Pesantren Nuris – MTs Unggulan Nuris patut berbangga dengan capaian siswanya yang satu ini. M. Fathur Rahman mengharumkan almamater tercintanya dengan meraih juara 3 pidato bahasa Arab tingkat Provinsi Jawa Timur dalam ajang Lomba Pidato Santri yang diselengarakan oleh Komando Resor Militer 083 Baladhika Jaya pada Selasa, 22 Maret 2022 kemarin.

Siswa kelas VIII E MTs Unggulan Nuris mampu tampil mengesankan di hadapan dewan juri sebagai perwakilan pesantren dari wilayah Kecamatan Sumbersari, Jember. Dengan mengungkap gagasan bela negara santri berbahasa Arab, Fathur, sapaan akrabnya, mampu ukir prestasi bergengsi tingkat provinsi.

“Bangga sekali terpilih sebagai juara 3. Kebetulan Jember sebagai tuan rumah tingkat provinsinya jadi lebih bisa tampil maksimal. Awalnya diminta pihak Babinsa kelurahan untuk ikut lomba pidato bahasa Arab, ya terus latihan, Alhamdulillah juara.” Tutur Fathur.

(baca juga: Berhasil Raih Juara 2 Pidato Bahasa Indonesia, Siswa MTs Unggulan Nuris Taklukkan MAPK Fair Tingkat Nasional)

“Naskah pidatonya memang dibuat sesuai tema dan dibantu guru saya di ekstrakurikuler bahasa Arab. Apalagi santri secara realita sejak dahulu kan sudah berjuang memerdekakan bangsa jadi tak sulit menulis pidatonya. Lalu saya hadapkan dengan realita millenia sebagai santri harus ambil sikap dalam menjaga keutuhan bangsa dan negara.” Imbuhnya.

Ning Hasanatul Kholidia, Kepala MTs Unggulan Nuris menuturkan, “Alhamdulillah bulan Februari lalu dia juga juara di MAN 1 Jember dalam lomba pidato bahasa Arab. Nah, sekarang juara lagi. Ini membuktikan bahwa anak ini luar biasa, terus semangat dalam berprestasi.”

“Potensi bahasa Arab di pesantren memang harus ditingkatkan. Kami di MTs Unggulan Nuris memang punya program khusus dalam membina santri kami dalam belajar bahasa Arab. Semoga potensi ananda Fathur bisa menginspirasi santri lainnya agar semakin semangat belajar dan berkah.” Imbuhnya.[AF.Red]

Related Post