Dukung SDGs 2030 melalui Inovasi Sumber Energi, Pelajar MA Unggulan Nuris Rebut Juara 1 Esai Tingkat Nasional

Semangat Inovasi Santri demi Kemajuan Negeri, MA Unggulan Nuris Fasilitasi Penelitian Siswanya

Pesantren Nuris – Pelajar MA Unggulan Nuris ini bikin bangga melalui gagasan cemerlangnya. Melalui inovasi sumber energi yang dituangkan dalam karya tulis ilmiah berupa esai, M. Ramadhani Rahman meraih juara 1 Bidang BioTeknologi Tingkat Nasional dalam ajang “BIOFEST 2022” yang diselenggarakan oleh Universitas Muhammadiyah Purwokerto pada tanggal 05 Juli 2022 dan diumumkan pada tanggal 23 Juli 2022.

Esai karya pelajar yang kini duduk di kelas XII IPA 1 MA Unggulan Nuris ini berjudul “Bicteker: Potensi Efektivitas Pencampuran Cangkang Telur dengan Cangkang Kerang Hijau dalam Pembuatan Biodiesel sebagai Sumber Energi Alternatif untuk Mendukung Program SDGs 2030”.

“Dalam mendukung upaya pemerintah melaksanakan Program SDGs, kami sebagai pelajar harus proaktif dalam berperan di dalamnya. Tentu berperan sebagaimana mestinya semampu kami, ide pengembangan sumber energi alternatif misalnya, juga harus kita tingkatkan. Semoga ini menjadi salah satu ikhtiar yang baik.” Tutur Rama, sapaan akrab pelajar cerdas ini.

(baca juga: Usai Juara di Surakarta, Siswi Bersuara Emas MA Unggulan Nuris Juara 2 Pop Religi di Yogyakarta)

“Alhamdulillah senang sekali diapresiasi dan didaulat sebagai juara 1. Semoga semakin meningkatkan semangat kami sebagai pelajar sekaligus santri di Pesantren Nuris Jember untuk berinovasi. Sudah saatnya santri terjun gelanggang untuk membangun negeri secara nyata melalui karya krusial.” Imbuhnya.

Melalui kegiatan KIR MA Unggulan Nuris, para pelajar didukung untuk mengeksplorasi dan berkarya melalui karya ilmiah. Mereka tidak hanya sekadar menuangkan ide ilmiah, tetapi juga mengujicoba atau mempraktikkan hasil temuan mereka layaknya temuan peneliti profesional lalu membuatkan karya tulis ilmiahnya.[AF.Red]

Related Post