Kuliah Sembari Mengabdi, Alumni Ini Jadi Guru Diniah Sekaligus Pengurus Kebersihan

Putuskan Kuliah Sembari Mengabdi, Mengaku Banyak Belajar Nilai-nilai Kehidupan

Pesantren Nuris- Kuliah sembari mengabdi, menjadi pilihan alumni SMA Nuris Jember lulusan tahun 2020 ini setelah lulus. Membantu di pesantren, tinggal dan membantu di pengurusan, gadis manis ini juga mengaku sangat senang bisa mambantu, yuk simak profil lengkapnya!

Intan Ifana Hikmatul lslamiah, akrab dipanggil Intan dara kelahiran Jember, 22 September 2002 ini beralamatkan di Dusun Karang Duren, Sumberpakem, Sumberjambe, Jember. Setelah lulus dari SMA Nuris Jember, ia melanjutkan pendidikannya di jurusan Tadris Matematika, FTIK, UIN KHAS JEMBER.

Ia mengaku mengambil jurusan ini karena memang suka pelajaran matematika. “Untuk mengembangkan bakat dan mendalami semua hal yang berkaitan dengan matematika,” ungkapnya.

Sembari kuliah, Intan memutuskan untuk tetap tinggal di Pesantren  Nuris Jember, tentu tidak mudah baginya menjadi mahasiswa sekaligus membantu di pesantren. Namun hal tersebut ia lakukan dengan suka cita.

“Alasan mengabdi sambil kuliah yang pertama yaitu untuk membantu kyai dan bu nyai meneruskan perjuangan Rasulullah SAW, yang kedua dari mengabdi saya bisa mengerti dan paham serta belajar bagaimana cara mendidik anak dengan baik dan benar. Dan dari mengabdi juga banyak ilmu yang telah dipraktekkan oleh bu nyai dan kyai salah satunya yaitu ikhlas dalam mengabdi insyaallah balasan nya lebih banyak suatu saat nanti juga dengan mengabdi apa yang saya dapatkan di pondok bisa dipraktikkan di kampus,” tuturnya.

(Baca juga: berprestasi-akademik-alumni-ini-juga-aktif-berorganisasi)

Selain sebagai pendamping kamar SMP, Intan juga diberi tanggung jawab membantu sebagai pengurus kebersihan Asrama Dalem Barat, tak hanya itu ia juga mengajar diniah yakni kitab Safinah tun naja.

“Harapan saya di masa depan, semoga bisa menjadi manusia yang bermanfaat untuk manusia lain, membahagiakan kedua orang tua terutama ibu dan menjadi guru yang baik ikhlas dan sabar untuk muridnya. Motto hidup saya, jangan berhenti untuk terus melakukan kebaikan karena manusia hanya bisa berencana dan Allah yang berkehendak,” ujarnya.

Ia juga memberikan kesan selama tinggal di Pesantren Nuris Jember.

“Dari pengalaman yang saya dapat di pondok bahwa kita tidak boleh bergantung kepada orang lain kerjakan apa yang bisa kamu kerjakan dan lupakan jika itu membuat mu sakit hati. Pesan buat adik-adik santri, teruslah berbuat kebaikan dimanapun kamu berada meskipun namamu sudah jelek dimata orang lain,” ungkapnya. [Red.Dev]

Nama lengkap : Intan Ifana Hikmatul lslamiah
Tempat tanggal lahir : Banyuwangi, 22 September 2002
Alamat: Karang duren RT 007 RW 003 Sumberpakem Sumberjambe Jember
Lembaga: SMA Nuris Jember, 2020
Kuliah: Jurusan Tadris Matematika, FTIK, UIN KHAS JEMBER

Related Post