Dalami Ilmu Tafsir di University of Jordan, Lulusan MA Unggulan Nuris kelak Ingin Lanjutkan Pascasarjana di Turki

Gapai Cita jadi Hafiz 30 Juz, Bangun Channel bagi Santri Nuris untuk Berani Kuliah ke Luar Negeri

Pesantren Nuris – Usai menamatkan studi di MA Unggulan Nuris dan nyantri di Pesantren Nuris Jember, Achmad Hendy Setiawan ingin melebarkan sayap hingga jauh ke negeri timur tengah, Yordania. Yes, ia melanjutkan studi sarjana di salah satu kampus terbaik di negeri Arab, Yordania, lebih tepatnya University of Jordan, pada jurusan Ilmu Tafsir.

Lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2022 ini merasa perlu menimba ilmu yang lebih luas baik dari segi pengalaman maupun ilmu pengetahuan karena tuntutan zaman dan globalisasi. Baginya, belajar mungkin di mana pun sama saja teorinya, tetapi pengalaman tentu memiliki nilai rasa yang berbeda jika berani merantau apalagi ke luar negeri.

“Sejak saya sekolah dan mondok di Nuris, itu merupakan tekad untuk belajar. Jauh dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan hingga ke sini, saya tak ingin sia-sia dalam menimba ilmu. Sekarang saya ingin meningkatkan pengalaman saya lebih jauh lagi hingga kuliah sampai ke kota Amman, ibu kota negeri Yordania.” Tutur Hendi, sapaan akrabnya.

(baca juga: Selamat, Alumni MA Unggulan Nuris ini Resmi Bergelar Sarjana Terapan Gizi)

Pilihan pemuda yang berbakat dalam melantunkan Alquran untuk mendalami ilmu tafsir di negeri Yordania (Jordan dalam bahasa Inggris) adalah suatu tekad yang bulat. Pasalnya, ia akan lebih banyak belajar lagi tentang bahasa Arab yang merupakan bahasa keseharian di sana, terutama kebiasaan yang mungkin jauh berbeda dengan di Indonesia.

Berangkat pada tanggal 4 Desember 2022 lalu, kini Hendi sedang mempersiapkan diri untuk mengurusi berbagai administrasi terkait izin tinggal belajar hingga persiapan studi sarjana di negeri berjulukan surga belanja tersebut. Maklum, Yordania merupakan salah satu negeri yang terbilang makmur dan kaya sehingga banyak terdapat fasilitas terbaik.

“Mohon doanya semoga saya bisa menimba ilmu di sini dengan lancar dan memberikan barakah. Ke depan saya juga ingin lanjut studi pascasarjana ke Turki setelah dari Yordania. Bahkan, saya juga ingin sekali banyak santri Nuris bisa lanjut ke University of Jordan, insyaallah sebisa mungkin saya akan membangun channel di sini.” Tukas lelaki asal Kalimantan  Selatan tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Achmad Hendy Setiawan
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2022
Kuliah                   : University of Jordan, jurusan Ilmu Tafsir

Related Post