Antalogi Cerpen Tentang Kegelisahan Santri di Masa Pandemi

Judul buku: Peta Peziarah
Penulis: Rahma Adira Assari, DKK
Penerbit: AE Publishing
Tahun terbit: 2021
ISBN: 978-623-306-528-3
Peresensi: Devita Wulan*

Buku antalogi cerpen ini berisi 21 judul cerpen terbaik karya siswa MA Unggulan Nuris Jember. Peta Peziarah adalah salah satu cerpen yang ada di dalam antalogi yang bertemakan covid 19 ini. Mewakili 20 cerpen lainnya yang tak kalah menarik untuk di baca.

Peta Peziarah bercerita tentang tokoh aku, yang tak disebutkan namanya, yang merupakan seorang santri di sebuah pesantren. Tokoh aku dalam cerpen ini digambarkan adalah seorang gadis, dalam situasinya, ia sedang dalam keadaan cemas, takut, dan sedih.

Dan ia juga tidak tahu apa yang membuatnya sangat cemas, namun yang ia tahu dunia di sekitarnya sedang tidak baik-baik saja. Semua karena kedatangan virus ganas yang digambarkan datang dengan tiba-tiba. Dan membuat seorang tokoh penting di hidupnya pergi.

(Baca juga: kisah-hidup-tentang-sayup-redup-kisah-persahabatan-yang-hakiki)

Tak hanya itu, dalam antalogi ini juga terdapat cerpen dengan judul “Merawat Rindu” cerpen yang bercerita tentang bagaimana seorang santri di masa covid-19.

Adanya PPKM membuat mereka harus diisolasi di dalam pesantren, tidak ada jam besuk, tidak ada kiriman tatap muka dengan keluarga. Hal ini membuat mereka harus pandai dalam mengelola rindu.

Sangat menarik bukan? Dan masih banyak lagi judul-judul lain dalam antalogi ini yang dapat menguras air mata pembacanya, dikemas dengan bahasa yang mudah dipahami, siswa-siswi MA Unggulan Nuris sungguh pandai dalam memilih diksi dalam bercerita.

 Penulis merupakan Guru Bahasa Indonesia MTs Unggulan Nuris

Related Post