Hafiz dan Berprestasi, Kini dalami Jurusan Hubungan Internasional di UIN Sunan Ampel Surabaya

Lolos Jalur Prestasi, Lulusan MTs dan MA Unggulan Nuris ini Membanggakan

Pesantren Nuris – Sejak nyantri di Pesantren Nuris Jember, santri ini fokus belajar Alquran hingga mampu menuntaskan hafalan Alqurannya genap 30 juz. Berada di kelas program unggulan tahfizul Quran sejak di MTs hingga MA Unggulan Nuris membuatnya nyaris tanpa kendala menjadi seorang hafiz.

Mohammad Nadhif Samsul Ulum, nama lengkap santri ini, tak hanya sekadar belajar di Pesantren Nuris Jember. Ia juga mampu memanfaatkan segala kesempatan dalam pengembangan bakat dan minatnya dalam bidang fahmil Quran.

Sebagai anggota aktif di bidang fahmil Quran, ia berkesempatan mengikuti lomba dan memenangkan berbagai prestasi gemilang baik tingkat kabupaten, provinsi, maupun nasional. Meski dengan kesibukan belajar Alquran, Nadif, sapaan akrabnya juga menyukai pelajaran bahasa Inggris. Tak heran, nilai mapel tersebut paling menonjol di antara teman sekelasnya.

(baca juga: Lolos Jalur Prestasi, Alumni Nuris ini Kuliah Pendidikan Matematika di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)

“Ya karena saya suka pelajaran bahasa Inggris saat pendaftaran kuliah ambil jurusan Hubungan Internasional (HI) dan Pendidikan Bahasa Inggris UIN Sunan Ampel Surabaya. Ternyata yang lolos pas SNMPTN malah yang HI ini. Sempat merasa salah pilih karena saya lebih suka yang pendidikan itu.” Tukas pemuda kelahiran Jember, 21 November 2003 tersebut.

“Tetapi karena eman dan kesempatan yang ada akhirnya saya berusaha menjalaninya apa adanya. Saya juga dapat motivasi dari guru-guru untuk tetap lanjut dan semangat. Bismillah sudah semoga bisa berjalan lancar kuliahnya sampai selesai.” Imbuh lelaki asal Puger Jember ini.

Meski dengan kesibukan perkuliahan yang dijalaninya, ia masih sempat meluangkan waktu membantu santri di Pesantren Nuris Jember dalam membimbing ekstrakurikuler fahmil Quran. Pengalaman dan prestasi yang pernah ia raih, berusaha  ditularkan kepada adik-adiknya agar memiliki kesuksesan yang pernah ia raih selama berkompetisi di bidang fahmil tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Mohammad Nadhif Samsul Ulum
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris tahun 2019; MA Unggulan Nuris jurusan PK tahun 2022
Kuliah                   : UIN Sunan Ampel Surabaya, Jurusan Hubungan Internasional

Related Post