Wow, Pelajar MA Unggulan Nuris Rebut Juara Esai Tingkat Nasional di UPI Bandung

Musibah Banjir yang Kerap Mendera Bangsa, Santri Nuris Beri Solusinya

Pesantren Nuris – Menjadi santri yang solutif merupakan salah satu jawaban generasi inovatif dalam menghadapi tantangan abad kedua santri Nahdlatul Ulama di masa kini. Tak hanya sekadar pandai dalam mengaji dan mendakwah, santri kekinian juga mampu memberikan karya nyata yang dapat menuntaskan permasalahan sosial dan budaya seperti pencegahan dan penanggulangan musibah banjir.

M. Ilham Zamir, siswa MA Unggulan Nuris yang duduk di kelas XI IPA 1, salah satu santri yang mendedikasikan ide kreatifnya di masa kini. Melalui gagasan yang ditulis dalam esai berjudul “CHERLIK (Combination of Three Ingredients for Paving Blok) Inovasi Pembuatan Paving Blok untuk Mengatasi Bencana Banjir dengan Penambahan Proses Fitoremediasi” adalah buktinya.

Tak sekadar menggagas sebuah inovasi, ia juga berhasil meraih juara harapan 3 esai bidang inovasi pertanian tingkat nasional dalam ajang AWF UPI 2023 yang diselenggarakan oleh Himpunan Kegiatan Mahasiswa Kepenulisan Islami Al-Qolam UPI Bandung pada 25 Januari 2023 dan diumumkan pada tanggal 05 Februari 2023 kemarin.

(baca juga: Usai Juara 2 Tingkat Provinsi, Siswi MA Unggulan Nuris Rebut Medali Emas Olimpiade Matematika Nasional)

“Bangga dan alhamdulillah bersyukur atas kesempatan prestasi ini meski masih hanya sebagai juara harapan. Tetapi ini menjadi suatu hal yang baik sebab ini prestasi bidang KIR pertama saya, semoga akan banyak prestasi KIR saya yang lainnya. Tentunya berharapa agar gagasan ini dapat menjadi solusi agar banjir tak lagi melanda bangsa.” Tukas Zamir, sapaan remaja asal Maesan, Bondowoso.

Ia juga menuturkan, “Melalui produk paving blok dengan nama Centric ini  dapat membantu mengurangi dan bahkan menjadi strategi terobosan dalam menyelesaikan masalah banjir. Keuntugannnya lagi, alat dan bahan-bahannya mudah ditemukan di sini seperti sampah plastik, ampas tebu, dan jerami padi yang diolah dengan teknik pembakaran dan pendinginan sehingga terbentuk paving blok siap pakai.”

Di masa depan, Zamir berharap bangsa Indonesia mampu berdikari dengan pemikiran inovasi bangsa dalam menuntaskan permasalahannya. Sebab, hampir setiap musim hujan terutama di kota-kota besar rentan terkena musibah banjir. Ini permasalahan serius yang perlu segera ditangai dengan tuntas.[AF.Red]

Related Post