Belajar Akidah di Ma’had Aly Nuris seraya Diamanahi Mengajar Nahwu Sharraf di MA Unggulan Nuris

Dikenak sebagai Sosok Simpel dan Suka Melukis Kaligrafi

Pesantren Nuris – Menjalani kewajiban secara proporsional dan bertanggung jawab merupakan keharusan yang dijalani dengan maksimal. Seperti yang dilalui oleh alumni Nuris yang satu ini, selain kesibukan menempuh studi sarjana di Ma’had Aly Nuris Jember, ia harus meluangkan waktu secara profesional untuk mengajar materi Nahwu Sharraf di MA Unggulan Nuris.

Qonitatul Alufah, sosok simpel yang gemar melukis kaligrafi ini, merupakan lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan IPA tahun 2019. Sempat merasakan studi sarjana di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember selama dua semester, tetapi akhirnya ia kembali ke pangkuan pesantren untuk berkhidmah sekaligus kuliah.

Pemudi kelahiran Jember, 05 Juni 2000 tersebut diamanahi oleh NIng Balqis Al Humairo, Kepala MA Unggulan Nuris, sebagai guru Nahwu Sharraf. Amanah itu pun langsung saja disanggupi dengan suka cita oleh Qonita, sapan akrabnya. Baginya amanah ini merupakan berkah sebab ia bisa menjalani studi sarjana seraya mengamalkan ilmunya.

(baca juga: Jawara Tilawah Nasional, Kuliah di Ma’had Aly Nuris Jember demi Ngaji Aswaja Langsung ke Kiai)

“Menjalani kuliah di Ma’had Aly memang berbeda dengan kuliah umum pada biasanya. Di sini saya banyak belajar kitab kuning tentang akidah dan filsafat Islam. Meski sambil ngajar juga, alhamdulillah semua dapat berjalan lancar.” Tutur Qonita.

Meski sempat keteteran dalam menjalani dualisme antara kuliah dan mengajar secara profesional, perlahan ia bisa mengatur ritme rutinnya tiap hari. Merasa banyak dukungan dari lingkungan seperti guru dan teman-teman, akhirnya Qonita dapat membagi waktu dengan baik hingga terbiasa dengan berbagai kesibukan tersebut.

“Alhamdulillah tak terasa saya sudah menjalani semester 6 di Kampus Ma’had Al Nuris. Sekarang saya sedang melakukan PPL agar mendapat pengalaman lapangana dalam mengajar. Beruntungnya sejak di MA juga ada agenda ini hingga saat ini pun sudah mengajar jadi tak canggung lagi melakukan PPL. Semoga diberi kelancaran dan keberkahan ilmu yang saya dapatkan.” Tutupnya kepada wartawan pojok alumni, pesantrennuris.net tersebut.[AF.Red]

Nama                    : Qonitatul Alufah
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2019
Kuliah                   : Ma’had Aly Nuris Jember, Prodi Akidah dan Filsafat Islam       

Related Post