Dapat Kerja sebelum Wisuda, Perjalanan Karier Alumni Nuris ini Keren

Tertarik Kuliah Teknik Konstruksi Perkapalan karena Prospektif di Masa Depan

Pesantren Nuris – Bagi kebanyakan para sarjana seusai meuntaskan perkuliahan mendapatkan pekerjaan yang layak sesuai keilmuan merupakan dambaan yang  besar. Seperti kisah inspiratif alumni Nuris yang satu ini, sebelum upacara wisuda sebagai penyematan kelulusan ia jalani, pekerjaan mapan sudah menanti untuk ia nikmati.

Alfata Malikus Sholeh, nama lengkap lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan IPA, tahun 2018 ini. Setamat sekolah aliyah dari lembaga yang dipimpin oleh Ning Balqis Al Humairo tersebut, ia mantap melanjutkan studi sarjana di Universitas Jember (UNEJ). Ia pun berjibaku mengikuti seleksi tulis nasional atau dikenal dengan SBMPTN hingga akhirnya ia dinyatakan lolos pada Jurusan Teknik Konstruksi Pekapalan.

“Setahu saya saat belajar di MA itu bahwa Indonesia kan termasuk negara maritim. Bahkan terkenal dengan nenek moyang pelaut ulung mengelilingi nusantara. Dari situ saya tertarik dengan jurusan ini sebab menurut saya terbilang prospektif dalam kerja industri di masa depan.” Tukas Alfata, sapaan akrabnya.

(baca juga: Keren, Alumni MA Unggulan Nuris Lolos Seleksi Kampus Kedinasan Politeknik Statistika STIS)

Benar saja, hari demi hari perkuliahan yang dijalaninya tak sia-sia, usai tuntas mempresentasikan skripsi yang berjudul “Analisis Hambatan Daun Kemudi Kapal Nelayan di Puger dengan Menggunakan Metode CFD” di hadapan para dosen penguji pada 28 Oktober 2022 lalu, ia pun disambut karier yang cukup mentereng.

Bahkan sebelum wisuda berlangsung pada 11 Maret 2023 tersebut, ia sudah mendapatkan tempat berkarier sesuai harapan dan keilmuan yang ia miliki. Pemuda kelahiran Banyuwangi, 11 Mei 2000 tersebut bertugas sebagai pengawas kapal Sabuk Nusantara 116 milik PT Yuko Amerta Jaya di Pelabuhan Tarakan Kalimantan Utara.

Lelaki asal Tegalyasan, Sempu, Banyuwangi tersebut merasa senang dan bangga dapat langsung berkarier seusai sarjana tanpa harus menunggu lama menganggur. Ia berharap terus meningkatkan kariernya dan dapat membanggakan kedua orang tua.[AF.Red]

Nama                    : Alfata Malikus Sholeh
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2018
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Teknik Perkapalan
Karier                    : Pengawas Kapal Sabuk Nusantara 116 di PT Yuko Amerta Jaya Kalimantan Utara

Related Post