Film Pendek Karya Siswa SMA Nuris Jember Juara 2 Tingkat Nasional di Ajang Bulan Pancasila UNEJ 2023

Kreativitas Santri di Bidang Perfilman Tak hanya Sarat Pesan Moral, Ternyata Juga Berprestasi Nasional

Pesantren Nuris – Memasuki tahun pelajaran 2023/2024 SMA Nuris Jember langsung menggebrak dengan capaian prestasi siswa yang fenomenal. Tak tanggung-tanggung, prestasi tingkat nasional direngkuh oleh siswa kreatifnya pada ajang Bulan Pancasila UNEJ 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Jember usai diumumkan di Gedung Auditorium UNEJ pada 10 Juli 2023 kemarin.

Bagus Kurniawan, siswa yang kini duduk di kelas XI MIPA 1 SMA Nuris Jember tersebut adalah kreator muda berbakat, melalui karya film pendek berjudul “PANCA, SILA-kan Masuk!”, ternyata mampu memukau dewan juri Lomba Film Pendek Bulan Pancasila UNEJ 2023 hingga sukses dinobatkan sebagai peraih juara 2.

Menurut Bagus Kurniawan, proses penggarapan film ini didasarkan pada ide yang tak terlalu rumit asal memiliki makna yang mendalam. “Ya, idenya dari keseharian saya di pesantren sesuai tema yang ada dalam lomba ini “Memperteguh Nilai Pancasila dalam Menangkal Generasi Strawberry di Era Digital”. Sebagai santri milenial, ini kan juga menyinggung soal saya pribadi jadi lebih gampang mengembangkannya.”

(baca juga: Siswa SMA Nuris Jember Sukses Tembus Seleksi Beasiswa Kuliah di Universitas Al Azhar Mesir Jalur Kemenag Tahun 2023)

Didukung dengan kegiatan ekstrakurikuler broadcasting yang ada di Pesantren Nuris Jember, Bagus Kurniawan tak sulit mewujudkan ide segarnya dalam menggarap film. Di sana, ia banyak mendapat pengetahuan bagaimana membuat skenario, teknik videografi dan editing, hingga produksi film. Tak heran, kanal Youtube SMARIS TV milik SMA Nuris Jember terbilang rutin memproduksi film-film menarik karya siswa.

“Tentu prestasi ini bukan hasil belajar dalam semalam, tetapi proses saya belajar bersama teman dan guru di ekskul yang membuat saya termotivasi lebih baik dalam lomba film pendek ini. Alhamdulillah senang dan bangga bisa meraih juara 2 dan mendapat hadiah sebesar Rp5.000.000,00.” Imbuhnya.

Dalam memproduksi film ini, Bagus bertindak sebagai sutradara, videografer, dan editor. Ia dibantu oleh lima temannya yang tergabung dalam Tim Nurisinema yakni, Maulana Raharjo (Aktor) kelas XI MIPA 1; Pandhu Syach Aryanto (Tim Artistik) Kelas XI MIPA 1; M. Raihan Naja (Tim Artistik) Kelas XI MIPA 1; Hamzah Alif (Tim Artistik) Kelas XI MIPA 1; dan Satya Arya Billah (Tim Artistik) Kelas XI IPS 1.

(lihat film pendeknya di Youtube SMARIS TV, film pendek: https://www.youtube.com/watch?v=WfxXCh6kwv8&t=32s)

Gus Robith Qoshidi, selaku Pengasuh Pesantren Nuris Jember dan Kepala SMA Nuris Jember turut mengapresiasi capain prestasi anak didiknya. “Di Era digital ini santri harus bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan bijak dan bajik, ya salah satunya film ini. Meski kita di pesantren, kreativitas santri dalam berdakwah melalui film kami dukung.”

“Selain mengaji dan sekolah, kami membekali dan mengasah potensi santri dengan ekstrakurikuler sesuai bakat dan minatnya. Alhamdulillah ekskul broadcasting melalui film karya anak didiknya mampu berprestasi. Film dan video menarik lainnya dapat dilihat di kanal Youtube kami di SMARIS TV atau Channel Nuris.” Imbuhnya.[AF.Red]  

Related Post