Lolos Kuliah Jalur Prestasi, Santri Multitalenta ini Sukses Berbisnis dan Diamanahi Ketua Media Pesantren

Sejak Nyantri Dikenal Kreatif, Berprestasi Bidang Desain Grafis dan Videografi

Pesantren Nuris – Santri punya bekal dan keahlian di bidang desain grafis dan videografi mungkin menjadi hal yang terbilang tak lumrah. Pasalnya, keterbatasan waktu dan sarana serta ketatnya aturan di pesantren bisa jadi hampir mustahil ada santri yang mahir di bidang tersebut. Namun, tidak dengan santri Nuris ini, justru banyak prestasi yang ia raih dari jalur keahlian bidang IT tersebut.

Rafli Nur Alfian, lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2023 ini barangkali cukup banyak dikenal di kalangan Pesantren Nuris Jember. Ia tak hanya dikenal berprestasi karena talentanya yang luar biasa di bidang IT (informasi dan teknologi), tetapi juga banyak berperan penting dalam berbagai kegiatan pesantren yang memerlukan tenaga teknis media digital.

Meski saat ini Rafli, sapaan akrabnya, kuliah di jurusan yang tak sinkron dengan talentanya yakni, Jurusan Hukum Tata Negara di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember, ia justru merasa mendapatkan pengalaman yang berbeda dan kaya. Ia tetap saja merasa ini menjadi tantangan yang seru untuk dijalani bersamaan.

(baca juga: Targetkan Ikuti Program Fastrack, Santri Berprestasi ini Gapai Impian Kuliah Teknik Industri di UB Malang)

“Dulu saat daftar jalur prestasi atau SPAN-PTKIN ini sudah mendapat persetujuan dari orang tua serta guru-guru di MA Unggulan Nuris meski memang awalnya ingin kuliah jurusan pertelevisian dan perfilman. Ya, tidak apa-apa meski akhirnya mantap mendaftar di UIN Khas Jember.” tutur Rafli.

Sempat merasa kagok saat menjalani awal perkuliahan yang langsung diserbu banyak tugas kuliah. Apalagi bidang yang dijalani adalah hal yang baru bagi Rafli. Pemuda kelahiran Jember, 03 April 2005 ini tetap berusaha semaksimal mungkin menjalankan tanggung jawab pendidikannya tersebut.

Rafli yang berpengalaman sebagai peraih juara desain grafis dan pembuatan video pendek secara nasional ini juga memilih tetap berkhidmah di pesantren meski sedang menjalani kuliah di UIN Khas Jember. Ia pun didapuk sebagai ketua media Pesantren Nuris Jember, yang bertugas mengondisikan berbagai kebutuhan media digital serta publikasi informasi pesantren.

Tak cukup di situ, di sela berbagai kesibukannya di pesantren dan kuliah, jiwa bisnis yang ia punya juga sukses dijalankan. Pemuda asal Manggisan, Tanggul, Jember ini membuka bisnis studio foto dinamis yang bernama artefax.id. Selain itu, ia juga kerap mengerjakan job freelance di berbagai kebutuhan media digital.

“Saya tetap mengabdi agar apa yang saya miliki dapat bermanfaat bagi banyak orang terutama pesantren. Semoga ke depannya selain lancar kuliah dan dapat ilmu yang berkah, saya berharap kelak bisa membuat studio foto indoor. Mohon doanya.” Imbuhnya.[AF.Red]

Nama                    : Rafli Nur Alfian
Ttl                           : Jember, 03 April 2005
Alamat                 : Manggisan, Tanggul, Jember
Lembaga              : MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2023
Kuliah                   : UIN Khas Jember, Jurusan Hukum Tata Negara
Karier                    : Job Freelancer, owner Studio Foto artefax.id

Related Post