Kumpulan Puisi Tentang Narasi Sosok Ibu

Judul Buku                  : Sebilah Narasi di Sebalik Puisi
Penulis                         : Iffah Nurul Hidayah
Penerbit                       : Jagat Litera
Tahun terbit                 : Cetakan Pertama, Juli 2022
Jumlah Halaman         : 113 Halaman
ISBN                           : 978-623-5893-35-8
Peresensi                     : Putri Utami Octaviya*

Sinopsis:

Berbekal dari sebuah pengalaman yang terekam menjadi memori dalam kehidupan dan terciptalah karya terbaik siswa MA Nuris Jember yang berhasil dilombakan. Sosok penulis ini Bernama Iffah Nurul Hidayah. Selain memiliki hobi menulis, ia juga mengasah kemampuannya dalam mengikuti ekstrakurikuler kepenulisan. Karyanya sudah banyak dilombakan dalam berbagai tingkat provinsi bahkan sampai ke ranah nasional dan banyak membawa pulang piala. Persembahan antologi puisi ini merupakan karya terakhirnya sebelum lulus menjadi alumni MA Unggulan Nuris.

Salah satu puisi yang ia tuangkan berjudul Sebilah Narasi di Sebalik Puisi bercerita  tentang keadaan dirinya yang bimbang dalam merayakan hari lahir malaikat hidupnya. Hari dimana ibunya menginjak usia baru. Penulis selalu kesulitan menggambarkan sosok ibunya dalam bait-bait puisi. Namun ia mempunyai cukup alasan untuk tidak pernah berhenti melahirkan lantunan puisi karena sosok ibunya yang selalu sulit diuraikan mengkendaki setiap sajak puisi yang tercipta.

Banyak diantara antologi puisinya bercerita tentang kisah asmara anak remaja. Salah satunya berjudul Di Depan Mata Gebang. Wajar seperti pada usia remaja pada umumnya yang mulai merasakan kisah asmaranya. Ia mengabadikan dalam puisinya yang tak akan pernah terhapus kenangan yang pernah dirasakannya. Adapun puisi yang bernuansa religus. Diantara berjudul Mahabbah Ya Rasullah, Azan, dan Gara-Gara Tuhan. Tak hanya itu beberapa puisinya juga bercerita tentang kehidupan sosial. Banyaknya tema dalam hasil karyanya ini sungguh menjadi daya tarik pembaca dalam membaca antalogi puisi ini.

(Baca juga: Lewat Kidung Sritanjung, Persembahkan 22 Cerita Kehidupan Sosial)

Kelebihan dan kelemahan:

Design cover yang digunakan sangat menarik juga sesuai dengan isi yang ada di dalam antalogi puisinya yang mengangkat berbagai macam tema. Dengan adanya berbagai macam tema membuat karya ini semakin menarik perhatian pembaca. Tetapi penggunaan gaya bahasa seperti penggunaan majas perlu adanya peningkatan karena salah satu fungsi majas adalah untuk memperindah sebuah karya sastra. Masih ada beberapa karya puisinya yang kurang dalam penggunaan majas.

Peresensi merupakan guru Bahasa Indonesia SMP Nuris Jember

Related Post