Tuntaskan Pendidikan Sarjana di Jember, Santri Nuris Asal Patani Thailand Selatan Ingin Kuliah Magister

Banyak Dapat Pengalaman di Tanah Rantau, Ingin Mengabdi untuk Bangsa Saat Kembali

Pesantren Nuris – Bangga dan lega dirasakan oleh santri Nuris asal Provinsi Patani, Thailand Selatan ini. Pasalnya, usai menyidangkan skripsinya di hadapan dosen penguji di Kampus Universitas Islam Jember (UIJ), akhirnya titel sarjana pendidikan pun berhak tersemat di belajakang namanya.

Sebagai santri perantauan jauh dari negeri seberang, M. Nawawi Yakoh, lulusan MA Unggulan Nuris, jurusan Program Keagamaan (PK), tahun 2019 ini tak menyia-nyiakan kesempatan melanjutkan studi sarjana di Universitas Islam Jember UIJ), jurusan Pendidikan Agam Islam (PAI) tersebut.

Skripsi berjudul “Upaya Guru Aqidah dalam Membangun Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah Saengtham Wittaya Foundation School Songkhla Thailand” adalah tugas akhir yang digarapnya. Konon, ia mendapatkan predikat lulus dengan sangat memuaskan dengan capaian IPK 3,34.

(baca juga: Alumni Nuris Asal Patani, Thailand Sukses Raih Gelar Sarjana di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta)

“Ya bersyukur bisa belajar agama di Pesantren Nuris Jember dan sekolah formal di MA pada jurusan PK. Sekarang saya akhirnya bisa menuntaskan studi sarjana di UIJ pada jurusan PAI. Akan tetapi, semoga saya bisa kembali kuliah magister bisa saja di Indonesia atau Malaysia.” Tukasnya Nawawi singkat.

Selain aktif dalam perkuliahan hingga tuntas, ia juga tetap menjaga erat persaudaraan dengan sesama pelajar dari Thailand Selatan dengan mengikuti organisasi HMPI (Himpunan Mahasiswa Patani Indonesia). Menurutnya, organisasi tersebut membuatnya tetap berada di jalur semangat dalam menuntut ilmu dan pengabdian.

Sekembali dari tanah rantau Indonesia, Nawawi, sapaan akrabnya, ingin mengabdikan diri sebagai pelayan masyarakat dan mendidik generasi bangsa yang aktif dan inovatif. Baginya, senyampang berada di Indonesia, ia bergiat untuk banyak belajar dan memperkaya pengetahuan agar kelak dapat mengimplemetasikannya di tanah kelahiran.[AF.Red]

Nama               : M. Nawawi Yakoh
Alamat             : Patani, Thailand Selatan
Lembaga          : MA Unggulan Nuris, jurusan PK, tahun 2019
Kuliah              : Universitas Islam Jember, Jurusan PAI

Related Post