Pesantren Membawa Berkah, Lolos Ujian Masuk Kuliah Terasa Mudah

Gemar Belajar Ilmu Tasawuf, Hidup Terasa Lebih Bermakna

Pesantren Nuris – Kehidupan pesantren memberikan makna tersendiri di setiap hati para santri. Banyak kesan dan pengalaman hidup yang diperoleh para santri dengan harapan akan bermanfaat bagi mereka di kemudian hari. Begitu pula yang dirasakan oleh seorang alumni SMA Nuris lulusan tahun 2023 bernama lengkap Bagas Suyendra ini. Ia mengaku bahwa hidupnya mengalami sangat banyak perubahan antara sebelum dan sesudah menjadi santri di Nuris Jember. Tentunya perubahan yang lebih baik dan merasa lebih dekat dengan Allah SWT.

Bagas merasa sangat beruntung saat dirinya lolos ujian masuk POITEKNIK NEGERI JEMBER melalui jalur UTBK. Ia merasa segala kemudahan yang ia dapatkan adalah hadiah dari Allah atas ikhtiarnya belajar dan berdoa di Pesantren Nuris. “Ngaji bersama Kyai dan melakukan amaliyah bersama Kyai/ pengurus, membuat saya semakin dekat dengan Allah SWT. Dari kegiatan rutin tersebut, saya terbiasa melakukan amaliyah hingga sekarang dan membuat hidup saya lebih tenang”, ucapnya penuh haru.

(Baca juga: Matematika Favoritku, Guru Cita-Citaku)

Satu demi satu impian Bagas mulai terwujud, salah satunya bisa kuliah di Jurusan Teknik Informatika. Ia mengaku tertarik dengan perangkat lunak dan inovasi teknologi. Kelak Bagas akan mewujudkan impian selanjutnya, yakni menjadi ahli di Bidang Informatika. Namun, ia menyadari bahwa mewujudkan impian harus berjalan beriringan dengan doa dan usaha. Bentuk usaha tidak hanya dengan belajar, namun juga menguatkan karakter seperti rajin, tanggung jawab, dan disiplin. Ia juga menambahkan, “Pesantren sudah membentuk saya menjadi pribadi yang bertanggung jawab, disiplin, dan memiliki pemahaman yang lebih tentang nilai-nilai agama”.

Ekstrakurikuler yang ditekuni Bagas selama sekolah di SMA Nuris adalah SAINS Biologi dan Paskibra. Kedua ekstrakurikuler tersebut membuat Bagas belajar mengatur waktu dengan baik dan belajar menyeimbangkan antara kegiatan sekolah, kegiatan ekstrakurikuler, dan kegiatan keagamaan di Pondok Pesantren. Bagas juga memiliki hobi menggambar. Oleh karena itu, kini ia menekuni aktivitas menggambar dengan cara bergabung di Unit Kegiatan Mahasiswa Lumut dalam bidang menggambar.

Ilmu dari Pesantren Nuris yang paling berkesan bagi Bagas adalah ilmu tasawuf. Ia sangat menyukai ilmu tersebut, karena bisa membuat hatinya lebih tenang dan hidup terasa lebih bermakna. Ilmu tasawuf adalah ilmu yang berkaitan dengan menyucikan hati, menjernihkan akhlak, dan menjalin kedekatan dengan Allah SWT. Bagas merasa hidupnya lebih bahagia dan segalanya terlihat sederhana ketika ia mendalami ilmu tasawuf.  [RY.Red]

Nama              : Bagas Suyendra

TTL                 : Jember, 16 Oktober 2004

Alamat            : Pakusari Jember

Lembaga         : SMA NURIS lulus tahun 2023

Kuliah             : POLITEKNIK NEGERI JEMBER, FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI, JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA

Related Post