11 Tahun Pengabdian, Alumni Nuris Ini Sabet Gelar Sarjana Teknik

Manajemen Waktu, Kunci Kesuksesan Santri ini Tuntaskan Kuliah dengan Memuaskan

Pesantren Nuris – Salah satu kabar menggembirakan datang dari salah seorang alumnus SMA Nuris Jember, Salman Alfarisi S.T. Mahasiswa Teknik Mesin Universitas Jember ini berhasil merampungkan studinya dengan judul skripsi “Pengaruh Debit Udara Masuk Terhadap Temperatur dan Tinggi Nyala Api pada Proses Gasifikasi dengan Biomassa Tongkol Jagung”.

Salman, begitu sapaan akrabnya, yang sempat menjadi guru pengabdian di Nuris selama 4 tahun masa kuliahnya ini juga membagikan se-fruit tips pembagian waktu antara kuliah dan menjadi pengurus pesantren. “Karena pada saat pengerjaan skripsi saya masih berkecimpung di pesantren, saya mengatur untuk pagi hari memang saya khususkan buat mengerjakan skripsi dan malam saya khususkan untuk mengajar dan menjaga para santri,” ucapnya.

(baca juga: Santri Bertalenta dan Berprestasi, Kini Dalami Teknik Arsitektur di UIN Maulana Malik Ibrahim Malang)

Menurutnya, skripsi ada untuk dinikmati. “Apapun problem saat menyusun skripsi hingga selesai nikmati saja dan dikerjakan dengan tepat waktu, serta jangan lupa berdoa,” ujarnya.

Selama 11 tahun menetap pesantren, pemilik hobi memasak ini banyak berkontribusi di berbagai bidang. Selepas lulus SMA dan masuk di kepengurusan pesantren, ia pernah menjadi Kepala Diniyah Tarbiyatul Muallimin, Bagian Kurikulum Diniyah, wakil asrama SMP putra, hingga Waka MPKiS.

Salman mengatakan ia berencana untuk melanjutkan kariernya di perusahaan sembari mempunyai usaha di sektor kuliner. Ia juga berpesan kepada teman-teman, “Jangan pernah menyerah ketika kamu masih mampu berusaha. Tidak ada kata berakhir sampai kamu berhenti mencoba”.[Nab.Red]

Nama                   : Salman Alfarisi, S.T
Ttl                           : Jember, 22 Agustus 1999
Lembaga              :  SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2018
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Teknik Mesin

 

Related Post