Aktivis dan Berprestasi Nasional, Alumni Nuris ini juga Gerakkan Bisnis Kreatif Padat Karya

Tingkatkan Pengetahuan sedari Nyantri, Kelak Ingin Berkarier dan Tetap Jaga Prinsip Kemaslahatan

Pesantren Nuris – Selagi kuliah segala kesempatan positif benar-benar dapat dimanfaatkan dengan baik oleh alumni Nuris yang terbilang militan ini. Tak heran, tak sekadar dunia akademik yang didalami, tetapi juga kemampuan berorganisasi, bisnis kreatif, hingga prestasi. Bagaimana kiprah menarik alumni Nuris ini? Hayuk, kepoin Gais!

Febi Visma Ayu Avina Putri, nama lengkap santri cerdas lulusan SMP Nuris Jember, tahun 2020 dan SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, tahun 2023 ini. Selama sekolah dan nyantri di Pesantren Nuris Jember, ia banyak belajar soal fiqh muamalah, kajian Alqur’an dan hadis, yang membuatnya bersyukur bisa melanjutkan studi sarjana di Universitas Jember (UNEJ), Jurusan Ekonomi Syariah.

“Sebelumnya tak terpikir akan kuliah jurusan Ekonomi Syariah sebab saya punya pilihan lain. Tetapi saat SNBP kurang beruntung, hingga akhirnya pada jalur SNBT saya pasrahkan pilihan kuliah pada orang tua. Qadarullah, kok saya lolos. Sempat merasa tak nyaman pada jurusan ini, tetapi lambat laun saya bisa menikmatinya.” Tutur Febi, sapaan akrabnya.

Pemahaman tentang kajian fiqh muamalah di pesantren membuatnya merasa ilmu yang dimiliki dapat bermanfaat sebagai bekal dasar dalam studi sarjananya. Akhirnya, kesempatan belajar Ekonomi Syariah pun semakin membuka pandangan Febi tentang prospek dan rencana masa depannya baik dalam berkarier maupun berbisnis.

(baca juga: Prihatin dengan Mental Health Remaja Milenial, Belajar Psikologi di UNS Surakarta)

Tak hanya kuliah, santriwati asal Jelbuk, Jember ini juga berproses dan menempa diri dalam berbagai keorganisasian seperti Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) dan UKM KSEI (Unit Kegiatan Mahasiswa Kelompok Studi Ekonomi Islam).

Selain organisasi, gadis kelahiran Jember, 09 Agustus 2005 ini juga tak menyia-nyiakan kesempatan mengikuti lomba bussinnes plan di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta pada bulan Mei 2024 lalu dan meraih bronze medal. Yang terbaru, ia sukses mendapat juara harapan 3 Olimpiade Ekonomi Islam dalam acara Temu Ilmiah Regional Fossei Jatim di UIN MADURA.

Bukan Febi namanya jika tak berkreasi lebih jauh, ia bersama teman di kampus berinisiasi dan menggerakkan bisnis kreatif padat karya bernama “Boskrit Nusantara”, yang menwarkan jasa pembuatan bouquet. Untuk selanjutnya bahkan bisnis ini akan dikembangkan dengan berbagai macam kreasi handcraft seperti kerajinan tangan khas Jember-an dalam upaya mengangkat produk lokal Indonesia.

Ia berharap dapat menuntaskan studi sarjana dengan lancar, berproses di organisasi dengan totalitas, dan membuka peluang usaha yang berprinsip kemaslahatan. Tak hanya itu, ia juga memantapkan cita-citanya agar bisa terus menimba ilmu hingga ke tingkat magister di masa depan.[AF.Red]

Nama                    : Febi Visma Ayu Avina Putri
Ttl                           : Jember, 09 Agustus 2005
Alamat Rumah  : Dusun Tegal batu, Desa Sukojember, Kecamatan Jelbuk, Kabupaten Jember
Lembaga              : SMP Nuris Jember, tahun 2020; SMA Nuris Jember, Jurusan IPS, tahun 2023
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Ekonomi Syariah

dokumentasi Febi saat meraih tropi olimpiade ekonomi di UIN Madura
Related Post