Santri Bertalenta Luar Biasa, Juara 2 Khitobah Tingkat Nasional di STAI Al Anwar Rembang

Langganan Berprestasi Bidang Bahasa Arab, juga Jago Baca Kitab Kuning

Pesantren Nuris – Meski masih kelas X A, santri bertalenta luar biasa ini bernyali dan bermental juara. Terbukti, persaingan ketat ajang Lomba Festival Bahasa yang dilaksanakan oleh UKM Bahasa STAI Al Anwar Rembang tingkat nasional pada 29 Mei 2024 lalu, mampu dilaluinya hingga dinobatkan sebagai salah satu pemenangnya.

Fathur Rohman, benar-benar jeli memanfaatkan peluang perlombaan daring khususnya pada bidang bahasa Arab. Pengalaman berprestasi yang memang kerap diraihnya sejak MTs Unggulan Nuris, ternyata saat di MA Unggulan Nuris semakin menyala dan bersinar. Saat diumumkan pada 06 Juni 2024 lalu, ia dinyatakan sukses meraih juara 2 khitobah atau pidato bahasa Arab tingkat nasional.

“Tentunya bangga dan senang bisa kembali juara lomba khitobah ini. Tempatnya kan cukup jauh di Jawa Tengah, saat tahu lomba ini berlangsung daring, mengirim video sesuai ketentuan panitia, saya pun bersiap ikut.” Tutur Fathur, sapaan akrabnya.

(baca juga: CHIKDET, Inovasi Teknologi Siswa MA Unggulan Nuris Deteksi Dini Infeksi Chikungunya, Juara 3 Nasional)

“Persiapan pasti ada, mulai dari mengarang naskah hingga melatih pelafalan dan ekspresi. Alhamdulillah di MA saya betul-betul dibimbing hingga bisa membuat video yang sesuai ketentuan panitia. Pengalaman saya dari lomba-lomba sebelumnya saya jadikan gambaran untuk ikut lomba ini apalagi tingkat nasional.” Tambahnya.

Sebagai santri yang berada di kelas unggulan kitab, belajar bahasa Arab bagi Fathur tak terlalu sulit. Pasalnya, ia terbiasa membedah kitab kuning seperti Fathul Qorib. Selain itu, di kelas X A, Fathur dan teman-teman lainnya dibimbing oleh dosen tugas dari Universitas Al Azhar Mesir, Syekh Ali Mohsen Mohamed Elsayed.

Tak heran, kompetensi Fathur dalam bahasa Arab dapat disebut di atas rata-rata. Ia ingin terus semangat belajar hingga kelak bisa melanjutkan kesuksesan kakak-kakak kelasnya yang lolos seleksi kuliah ke Timur Tengah seperti Yordania, Yaman, hingga Mesir.[AF.Red]

Related Post