Kisah Sukses Santri Nuris Asal Tangerang Gapai Sarjana dan Kaya Pengalaman Menakjubkan

Tertarik Jadi Tenaga Pendidik sejak SMA, Aktif dalam Kegiatan Pertukaran Pelajar Antarkampus

Pesantren Nuris – Santri Nuris kelahiran Bojonegoro yang berdomisili di Pasar Kemis Tangerang ini tak menyia-nyiakan kesempatan belajar jauh hingga ke Kota Jember. Tekadnya yang bulat untuk menjadi seorang pendidik yang profesional dan berpengalaman, berbagai kegiatan unggulan kampus telah ia lakoni hingga sukses menggenggam gelar sarjana dengan membanggakan.

Santri Nuris tersebut bernama lengkap Ana Rosyidah, lulusan SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2020. Kuliah di Jurusan Pendidikan Biologi Universitas Jember (UNEJ) menjadi petualangan pendidikan sarjananya untuk menggapai impian menjadi tenaga pendidik hingga sukses menamatkannya pada 19 Juli 2024 lalu usai menyidangkan skripsinya.

Ia mempertanggungjawabkan skripsi berjudul “Pengaruh Ekstrak Batang Buah Naga (Hylocereus polyrhizus) terhadap Kadar SGOT dan SGPT dengan Gambaran Histologi Hepar Mencit (Mus musculus) yang Diinduksi Aloksan serta Pemanfaatannya Sebagai Leaflet” di hadapan para dosen penguji dengan percaya diri. Skor IPK 3,63 pun didapatkannya dan gelar sarjana pendidikan dapat disematkan di belakang namanya.

“Karena dari SMA saya memiliki minat pada studi ilmu biologi, dan tertarik bekerja sebagai tenaga pendidik. Jadi, saya tak ragu saat kuliah ambil jurusan tersebut.” ujar gadis kelahiran Bojonegoro, 30 Maret 2002 tersebut.

(baca juga: Raih Gelar Sarjana Ekonomi Berpredikat Cum Laude, Upgrade Ilmu dari Seminar, Latih Leadership dari Organisasi)

Untuk menunjang pengalaman yang meningkatkan kompetensinya sebagai tenaga pendidik di masa depan, santriwati penyuka film ini dikenal aktif dalam berbagai program unggulan kampus seperti pertukaran pelajar antarkampus. Terbukti, pada semester 3 dan 5, ia pernah terlibat dalam program tersebut masing-masing ke Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dan Universitas Mataram (UNRAM), Lombok.

Tak hanya sampai di situ, ia juga aktif dalam kepanitiaan tim pembuat soal babak final olimpiade bioetanol pada semester 2 saat kuliah. Pengalaman yang mengesankan lainnya juga pernah ia lakoni adalah sebagai asisten laborat dalam mata kuliah fisiologi tumbuhan pada semester 7.

“Saya berencana fokus mengejar karier di dunia pendidikan dengan mengupayakan program profesi pendidikan guru. Semoga semua rencana dapat berjalan sebagaimana mestinya. Apa pun tantangan di masa depan harus dihadapi dengan terus banyak belajar dan adaptif.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama                    : Ana Rosyidah
Ttl                           : Bojonegoro, 30 Maret 2002
Alamat                 : Perum Kedaung Blok AG 10, Pasar Kemis, Tangerang
Lembaga              : SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2020
Kuliah                   : UNEJ, Jurusan Pendidikan Biologi

Related Post