Muallim Ma’had Aly Nuris Jember Juara 3 Tafsir Bahasa Inggris Tingkat Nasional di Kalimantan Timur

Lulusan Maroko, dari Passion dalam Tafisr al Qur’an hingga Sukses Antarkan Prestasi Membanggakan

Pesantren Nuris – Keluarga besar Pesantren Nuris Jember dan khususnya almamater Ma’had Aly Nuris Jember mendapat kabar membanggakan. Pasalnya, salah satu muallim-nya baru saja sukses meraih prestasi membanggakan dalam gelaran bergengsi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tahun 2024 tingkat nasional di Kalimantan Timur pada 16 September 2024 kemarin.

Ustazah Wiam, sapaan akrabnya, berhasil meraih juara 3 kategori tafsir al Qur’an bahasa Inggris dalam ajang MTQ tingkat nasional tersebut. Ia turut menyumbang medali bagi kafilah Jawa Timur sekaligus membawa nama Pesantren Nuris Jember melambung berkat capaian prestasi ini.

“Alhamdulillah saya memang sudah hatam 30 juz sejak mondok di Annuqayah, Guluk-Guluk, Sumenep pada tahun 2012 dulu. Niat awal murojaah hafalan dan ingin terus belajar. Kebetulan passion di tafsir Al Quran,  dan ingin mencoba tantangan baru dengan bahasa Inggris.” Ucap Ustazah Wiam, lulusan pascasarjana Darul Hadits el Hassania, Universitas al Qarawiyyin, Maroko tersebut.

(baca juga: Kuliah Berkualitas dengan Beasiswa Penuh, Ayo Kuliah ke Ma’had Aly Nuris Jember)

Sejak seleksi MTQ tingkat Kabupaten Jember, ia sukses setahap demi tahap menembus MTQ tingkat provinsi sejak tahun 2023 lalu. Akhirnya, ia terpilih mewakili Kafilah Provinsi Jawa Timur dan mengikuti pemusatan pelatihan di Malang hingga sukses membawa bendera provinsi yang sebelumnya dipimpin oleh Khofifah Indar Parawansa, berkibar di kancah MTQ nasional.

Sontak capaian prestasi bergengsi yang diraih oleh muallim asal Pamekasan, Madura kelahiran Mekah, 12 Desember 1996 ini mendapat banyak apresiasi, tak hanya dari keluarga besar Pesantren Nuris Jember dan Kampus Ma’had Aly Nuris Jember, ia juga mendapat apresiasi dari RRI Jember, Pemkab Jember hingga Kanwil Kemenag Jawa Timur.

Ia berhak atas piala prestasi, piagam, dan uang pembinaan sebesar Rp11.000.000,00 dalam gala prestasi MTQ tingkat nasional tahun 2024 ini. Ia berharap dapat terus meningkatkan kompetensi dan banyak belajar lagi dalam al Qur’an dan tafsir. Dalam kesehariannya, Ustazah Wiam mengajar kitab di Ma’had Aly Nuris dan sebagai pembina peminatan kuliah ke Timur Tengah di MA Unggulan Nuris.[AF.Red]

apresiasi Ma’had Aly Nuris atas capaian prestasi Ustazah Wiam dalam gelaran MTQ nasional tahun 2024
Related Post