Sukses Raih Sarjana, Alumni MA Unggulan Nuris Lakoni Khidmah sedari Nyantri hingga Meniti Karier

Bangga Tuntaskan Kuliah seraya Berkhidmah, ke Depan Ingin Buka Bisnis dan Rumah Belajar

Pesantren Nuris – Kesuksesan santri meraih sarjana akan terasa komplet jika juga disertai dengan ketuntasan dalam mengemban amanah dalam berkhidmah bagi pesantren tempatnya menimba ilmu sebelumnya. Seperti yang dialami oleh Faiqotul Hikmah, meski berbagai tugas dilakoni, urusan kuliah tetap mampu ia bereskan dengan waktu yang cepat.

Lulusan MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, tahun 2019 ini dengan mantap menggenggam gelar sarjana pendidikan (Pendidikan Agama Islam/PAI) dari Universitas Islam Jember (UIJ) usai diwisuda pada 11 Mei 2024 lalu. Setelah sebelumnya berjibaku dengan banyak aktivitas kuliah dan tugas pesantren akhirnya ia juga berhasil menunaikan tugasnya menyidangkan skripsi di hadapan para dosen penguji.

Skripsi berjudul “Pengaruh Program Abdi Masyarakat (PAM) terhadap Kemampuan Intelektual Siswi Kelas XI MA Unggulan Nuris Jember Tahun 2023″ menjadi penanda tugas akhirnya meraih sarjana tuntas dalam waktu 3 tahun 11 bulan 8 hari. Santriwati asal Panti Jember ini diganjar skor IPK yang fantastis 3,79.

Meski sebelumnya, Faiq, sapaan akrabnya, sempat ragu untuk ambil jurusan PAI, dengan berbagai alasan akhirnya harus menjalani studi sarjana tersebut. Ia tak patah arang, perlahan nan pasti ia tetap menikmati perjalanan kuliahnya seraya menikmati hari-hari berkhidmah di Pesantren Nuris Jember. Berbagai amanah ia laksanakan dengan penuh tanggung jawab.

(baca juga: Belajar Akidah hingga ke Negeri Piramida, Sebuah Impian Alumni MA Unggulan yang Tercapai)

Di antara tugas yang ia emban selama berkhidmah yakni, Waka Kurikulum Pendidikan Diniyah, Staff Divisi Kebersihan, Pendamping Kamar, hingga juga mengajar PAI di MI Unggulan Nuris. Bahkan usai tamat dari kampus UIJ pun ia tetap berada di Pesantren Nuris Jember tercinta, kini (per Juni 2024 lalu) ia ditugaskan untuk mengajar di SMP Nuris Jember.

Kesuksesan Faiq menuntaskan kuliah menjadi salah satu bukti bahwa kuliah seraya berkhidmah sama sekali tak menjadi penghambat. Justru, ia menikmati dan mendapat banyak pengalaman hingga dimudahkan dalam melanjutkan karier dalam dunia pendidikan. Meski sudah berkarier tanpa harus bersusah payah menyebar lamaran pekerjaan, ia tetap memiliki impian lain yang ingin ia wujudkan.

“Harapan saya di tahun-tahun berikutnya tentunya menjadi lebih baik dari kemarin, baik dalam setiap hal. Saya juga berencana terus mengabdikan diri di pesantren dan mengajar di lembaga formal PP Nuris sembari menabung untuk memulai usaha. Harapan saya, saya dapat membuka rumah belajar (tempat LES) bagi anak-anak di daerah rumah saya. Selain hal tersebut saya juga memiliki rencana untuk membuka toko, bisa seperti tempat makan atau yang lain.” Tutupnya.[AF.Red]

Nama: Faiqotul Hikmah
Alamat: Kemuningsari Lor, Panti, Jember
Lembaga: MA Unggulan Nuris, Jurusan IPA, 2019
Kuliah: S1: Pendidikan Agama Islam (PAI), Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Jember
Karier: Guru PAI SMP Nuris Jember

Related Post