Juara 3 Fotografi tingkat Internasional, Siswa SMA Nuris Jember ini Bikin Sejarah Baru

Lestarikan Budaya lewat Karya Fotografi, Zakina Mala Fadhila Catat Rekor Prestasi Santri Nuris Tingkat Internasional

Pesantren Nuris – Capaian prestasi gemilang yang diraih oleh siswa SMA Nuris Jember kali ini sangat menakjubkan. Pasalnya, catatan prestasi ini menjadi sejarah baru bagi almamater Pesantren Nuris Jember dan segenap sivitas akademika atas torehan prestasi tingkat internasional yang diraih oleh Zakina Mala Fadhila.

Siswa yang kini duduk di kelas XII IPS 3 ini meraih juara 3 di ajang International  Photography and Short Movie Festival (IPSMF) tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Universitas Telkom, Bandung. Perlombaan tersebut adalah agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dengan meriah dan megah. Namun, karena pandemi covid-19 akhirnya teknis IPSMF kali ini dilakukan secara daring tak seperti biasanya.

Dengan persiapan tak lebih dari sepekan, Mala, sapaan akrab gadis yang hobi fotografi dan anggota aktif ekstrakurikuler broadcasting Nuris tersebut, berupaya membuat konsep dan mengumpulkan materi fotografinya. Dengan pembinaan dan arahan dari pembina ekskul yang profesional, akhirnya muncul ide untuk mendokumentasikan pertunjukan seni jaranan yang ada di daerah Panti, Jember.

Gadis asal Semboro, Jember ini akhirnya membuat agenda pemotretan terhadap aksi pertunjukan jaranan milik seniman desa yang memang tiap pekan terdapat latihan rutin. Tepat pada tanggal 28 Oktober 2020 lalu, materi fotografi yang sudah rampung tersebut langsung dikirim via email ke panitia. Lalu, pada tanggal 07 November 2020, 5 karya fotografi terbaik diunggah di akun instagram panitia @ipsmf dari berbagai kategori peserta.

(baca juga: Keren, Siswa SMA Nuris Jember Juara Fotografi Nasional di Yogyakarta)

“Sebenarnya ada 2 foto karya SMA Nuris Jember yang masuk nomine peraih juara internasional itu yakni, Zakina Mala Fadhila dan M. Ikrom. Memang karya mereka unik dan sesuai tema terkait pelestarian kearifan lokal. Alhamdulillah, bangga sekali karya mereka masuk nomine dan akhirnya Mala meraih juara 3. Saya merasa bangga sekali.” Tutur Rif’al Ansory selaku pembina ekskul broadcasting.

Pengumuman juara lomba ini ditayangkan secara langsung di kanal Youtube panitia IPSMF dan pertemuan melalui aplikasi zoom pada hari Kamis, 12 November 2020 pekan lalu. Adapun peraih juara-juara lainnya yakni, Julpen Affiandi dengan judul karya foto “Mengejar Cita-Cita sebagai juara 1; Sabriana Okafiantri dengan judul karya foto “Pelestarian Budaya” sebagau juara 2; dan Zakina Mala Fadhila dengan judul karya foto “Memungut Warisan Budaya” sebagai juara 3.

(link Youtube panitia saat pengumuman hasil lomba: https://youtu.be/NKQ48H5NfaE)

Mereka akan mendapatkan sertifikat juara yang dikirim via email dan uang pembinaan masing-masing sebesar Rp1.250.000,00 untuk juara 1; Rp1.000.000,00 untuk juara 2; Rp750.000,00 untuk juara 3 yang akan ditransfer oleh panitia. “Senang sekali bisa juara di ajang internasional ini, pendaftarannya gratis dan dapat hadiah uang pembinaan lagi. saya bersyukur sekali karya foto saya diapresiasi.” Tutur Mala.

Sebelumnya, gadis kreatif ini sudah pernah meraih prestasi di bidang fotografi pada tahun 2019 lalu tingkat nasional. Mala meraih juara 2 di kampus Universitas Teknologi Yogyakarta. “Saya tertarik di dunia fotografi karena suatu peristiwa akan semakin hidup jika difotokan. Ajang IPSMF ini sebenarnya keren sekali waktu saya lihat video yang tahun 2019 lalu karena covid akhirnya dilakukan serba online.” Imbuhnya.[AF.Red]    

hasil screenshot pengumumna juara saat pertemuan via zoom dengan panitia
hasil screenshot karya fotografi Zakina Mala Fadhila di akun IG @IPSMF
Related Post