Lulusan Nutrisionis di Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang Berpredikat Cumlaude, Yuk Cek Profilnya!

Harus Jalani Pre-Dietetic Internship Usai Sidang Skripsi, Selangkah lagi Raih Predikat Sarjana Ilmu Gizi

Pesantren Nuris – Pandai membaca peluang masa depan dan kebutuhan tenaga kesehatan terhadap pertumbuhan populasi manusia, alumnus SMA Nuris Jember ini memilih studi sarjana yang barangkali tak jamak di mata masyarakat. Berkat tekad dan cita-cita yang kuat, ia tancap gas menjalani studi sarjana di salah satu kampus negeri bergengsi di Kota Malang.

Gadis cerdas ini bernama Della Risqiyani. Setamat dari jurusan IPA tahun 2018 dari lembaga yang dipimpin oleh Gus Robith Qoshidi, ia memantapkan pilihan studi sarjana di Universitas Brawijaya Malang, Fakultas Kedokteran, Program Studi Ilmu Gizi.

“Awal mula memilih Prodi Ilmu Gizi ini karena perannya yang cukup penting di masyarakat meski tenaga kesehatan ahli gizi ini atau disebut sebagai nutrisionis tak banyak dikenal di masyarakat. Bahkan dari data yang ada, jumlah nutrisionis lebih sedikit daripada dokter ataupun perawat, apalagi di daerah pedesaan.” Ungkap Della, sapaan akrabnya.

(baca juga: Lulusan Teknik Elektro Universitas Guilin China, Alumni Nuris ini Keren Banget Lo)

Pemudi kelahiran Probolinggo, 13 Desember 1999 ini memandang profesi nutrisionis di masa mendatang sangat prospektif. Kondisi bonus demografi yang semakin meningkat dan permasalahan gizi yang masih buruk di Indonesia membuatnya tergerak ingin menjadi bagian yang berkontribusi dalam mencegah dan mengatasi kesehatan yang mendasar mulai dari asupan gizinya.

Perjalanan studi sarjana Della berjalan lancar hingga ia mampu menuntaskannya dengan catatan waktu yang terbilang cepat. Ia mampu merampungkan skripsi berjudul “Perbedaan Konsumsi Buah, Sayur dan Suplemen & Mineral pada Orang Dewasa selama Pandemi Covid-19 di Indonesia berdasarkan Determinan Sosio Demografi” dan mempertanggungjawabkannya di hadapan dosen penguji pada 15 Februari 2022 kemarin.

“Alhamdulillah saat sidang skripsi kemarin berjalan lancar. Setahap lega sudah, tetapi saya belum bisa wisuda dan harus menjalani semacam magang  di rumah sakit selain KKN saat kuliah kemarin, namanya pre-dietetic internship. Kalau KKN kan terjun ke masyarakat langsung, internship ini dijalankan di rumah sakit atau Puskesmas, paling tidak selama 3 bulan.” Imbuhnya.

Gadis yang memiliki hobi membaca ini berharap proses magang berjalan dengan lancar tanpa kendala hingga nanti menjalani wisuda. Konon, setelah diganjar sebagai lulusan dengan predikat cum laude, capaian IPK 3,64, ia berharap ke depan bisa berkarier di rumah sakit dan membuka usaha penyedia makanan sehat dan diet tertentu.[Red.Manda]

Nama                    : Della Risqiyani
Lembaga              : SMA Nuris Jember, jurusan IPA, tahun 2018
Kuliah                   : Universitas Brawijaya Malang, Prodi Ilmu Gizi     

Penulis merupakan siswa kelas X SMA Nuris Jember

Related Post