Suka Cita Mengabdi di Pesantren, Alumni SMA Nuris Jember Mantap Rengkuh Gelar Sarjana Bidang Pertanian

Terinspirasi Ayah, Kelak Ingin Berkarier dan Jalankan Bisnis sesuai Keilmuan

Pesantren Nuris – Sosok ayah bagi anak gadisnya adalah pahlawan inspiratif yang selalu membekas dalam ingatan. Tak terkecuali bagi alumni Nuris yang satu ini, ia menjadikan mata pencaharian ayahnya sebagai motivasi kuliah agar kelak dapat mengembangkan apa yang dijalaninya di masa kecil.

Iva Datul Amaliya, setamat dari SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2020 silam dengan mantap memilih kuliah di Universitas Islam Jember (UIJ) pada Jurusan Agribisnis. Sebelumnya, ia nyantri di Pesantren Nuris Jember sejak sekolah di MTs Unggulan Nuris hingga tamat pada tahun 2017. Ayahnya yang seorang pekerja keras (petani) menjadi motivasinya.

“Sejak kecil saya sering ikut ayah bekerja di sawah, sudah terbiasa bermain di alam terbuka. Dari sini saya bertekad nanti kuliah di bidang pertanian agar kelak dapat meningkatkan apa yang telah almarhum ayah saya lakukan, misalnya soal pengelolaan bisnis.” Ujar Iva, sapaan akrabnya.

(Baca juga: Sabar dan Ikhlas Kunci Sukses Berkhidmah, Alumni SMA Nuris Jember juga Sukses Sabet Sarjana)

Dengan suka cita perjalanan kuliah dilakoni oleh santriwati kelahiran Jember, 29 Desember 2000 tersebut seraya mengabdi di Pesantren Nuris Jember tercinta. Meski berada di pesantren sejak di bangku MTs hingga menjalani kuliah nyaris 10 tahun lebih, tak membuat Iva mengeluh apalagi menyerah.

Justru gadis asal Kemuning Lor, Arjasa, Jember ini begitu menikmati tugas-tugas dalam setiap pengabdian. Prinsip Iva adalah selama melakukan hal yang bermanfaat pasti selalu diberi jalan oleh Allah meski melalui hal yang tersulit sekalipun. Buktinya, ia bisa menuntaskan perkuliahan tetap tepat waktu.

Skripsi berjudul “Analisis Keputusan Pembelian Susu Sapi Perah di Desa Kemuning Lor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember (Studi Kasus Susu Sapi Segar “Pak Dul”)” sukses ia sidangkan di hadapan dosen penguji pada 28 Agustus 2024 kemarin dengan perolehan skor IPK  4 atau sempurna. Fantastis.

Padahal sejak di pesantren tercinta banyak tugas yang dijalankannya mulai dari divisi kebersihan, divisi kesehatan, divisi sarpras, hingga kini diamanahi sebagai Waka Kesiswaan Pendidikan Diniyah Mubtadiat Putri Daltim. Selain itu, ia juga tercatat aktif di BEM Faperta UIJ.

“Saya berharap dapat terus berkembang, meski sebelumnya tak terpikir mengajar akhirnya mengabdi di pesantren tetap saja diminta mengajar. Saya ingin menjalani karier sesuai pengalaman dan ilmu saya dan bermanfaat bagi masyarakat.” Tutupnya. [AF.Red]

Nama              : Iva Datul Amaliya

Ttl                   : Jember, 29 Desember 2000

Alamat           : Kemuning Lor, Arjasa, Jember

Lembaga        : MTs Unggulan Nuris, tahun 2017; SMA Nuris Jember, Jurusan IPA, tahun 2020

Kuliah            : Universitas Islam Jember, Jurusan Agribisnis

Related Post