Raih Juara 2 Musabaqah Syarhil Qur’an Tingkat Nasional di Kalimantan Timur, Alumni MA Unggulan Nuris ini Langganan Prestasi

Lolos Jalur Prestasi, Kuliah di UIN Khas Jember dengan Beasiswa Penuh

Pesantren Nuris – Kabar membanggakan datang dari alumni MA Unggulan Nuris yang satu ini usai sukses meraih juara 2 dalam ajang bergengsi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) tingkat nasional di Samarinda, Kalimantan Timur pada kategori Musabaqah Syarhil Qur’an (MSQ) pada 16 September 2024 kemarin.

Siapa lagi kalau bukan Moch. Iqbal Ramadani. Proses panjangnya dalam mempersiapkan diri mulai seleksi tingkat sekolah di MA Unggulan Nuris, sukses meraih juara di tingkat Kabupaten Jember, hingga mampu bersaing di kancah Provinsi Jawa Timur sebagai pemenang pertama, Iqbal, sapaan akrabnya, mampu memenangi kembali di kancah nasional sebagai juara 2.

“Alhamdulillah proses panjang sejak tahun 2023 lalu saya dan teman-teman mempersiapkan diri dalam lomba MTQ ini membuahkan hasil yang maksimal. Saya bersyukur terus dapat berkarya dan berprestasi apalagi lomba MTQ ini tak mudah dan persaingannya sangat ketat baik mulai tingkat kabupaten hingga nasional.” Ungkap santri multitalenta asal Desa Darsono, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember ini.

Pengalaman mengikuti berbagai kompetisi mulai dari lomba pidato bahasa Indonesia, tilawah, dan tartil Qur’an membuat Iqbal memiliki rasa percaya diri yang tinggi dan bermental juara di setiap perlombaan yang diikuti. Bahkan, ia kerap sukses memukau dewan juri hingga disebut sebagai langganan prestasi sejak di MTs Unggulan Nuris hingga MA Unggulan Nuris.

Berada di kelas takhassus Al Qur’an di Pesantren Nuris Jember, Iqbal juga genap menghatamkan al Qur’an. Sebagai santri yang penuh effort dalam setiap kompetisi, nyaris setiap perlombaan mampu ia taklukkan. Yang terkini, ia sukses memenangi ajang MTQ tahun 2024 tingkat nasional di Samarinda Kalimantan Timur.

(baca juga: Ikhtiar dan Doa Kunci Sukses Alumni MA Unggulan Nuris Dalami IAT di Universitas Al Azhar Mesir)

Setelah sempat mendapat apresiasi dari Bupati Jember, Hendy Siswanto, karena kesuksesannya meraih juara 1 kategori MSQ pada gelaran MTQ tingkat provinsi tahun 2023 lalu, ia mendapat kesempatan pergi umroh gratis. Semangat santri cerdas kelahiran Jember, 22 Oktober 2005 ini pun semakin berlipat saat terpilih sebagai salah satu tim MSQ Kafilah Jawa Timur untuk berlaga di tingkat nasional.

Dengan tampil meyakinkan, Iqbal bersama Johan Marcel sebagai penerjemah asal Kabupaten Tuban dan Ahmad Farid Fahruddin sebagai qori, tim MSQ Jawa Timur medapat medali perak. Mereka pun berhak atas piala, piagam prestasi, dan uang pembinaan sebesar Rp24.000.000,00.

Kini sebagai mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) di UIN KH. Achmad Siddiq (Khas) Jember yang lolos jalur prestasi, SPAN-PTKIN tahun 2024 ini, ia berharap dapat terus mengembangkan potensi diri baik secara akademis maupun talenta syarhil lainnya. Bahkan, saat ini ia tercatat sebagai delegasi kampus untuk berlaga di ajang MTQ tingkat mahasiswa.[AF.Red]

Nama                    : Moch. Iqbal Ramadani
Ttl                           : Jember, 22 Oktober 2005
Alamat                 : Desa Darsono, Arjasa, Jember
Lembaga              : MTs Unggulan Nuris, tahun 2021; MA Unggulan Nuris, Jurusan PK, tahun 2024
Kuliah                   : UIN KHas Jember, Jurusan PAI

Moch. Iqbal Ramadani (tengah) berfoto bersama tim MSQ usai meraih piala juara 2 MTQ nasional di kaltim
Related Post