Juara Olimpiade Kimia: Alumni SMA Nuris Jember Kuliah di Prodi Keperawatan

Menjadi Santri di Pondok Pesantren Nuris Jember selama 6 Tahun, Kini Lolos Kuliah Jalur Rapot 

Pesantren Nuris – Banyak yang beranggapan bahwa pelajaran Kimia itu sulit dan membuat pusing. Tentu hal ini tidak berlaku bagi seorang gadis cantik asli Jember bernama lengkap Adelya Putri Rahmaniar. Ia mengaku gemar belajar Kimia sejak duduk di bangku SMA. “Ketika ada soal Kimia yang sulit dipecahkan, justru membuat saya semakin penasaran”, tutur gadis yang kerap disapa Adel itu.

Adel menjadi santri Pondok Pesantren Nuris selama 6 tahun. Terhitung sejak SMP dan SMA. Ia adalah alumni SMA Nuris yang lulus pada tahun 2023. Ia adalah salah satu santri Pesantren Nuris yang berprestasi, karena pernah meraih juara 3 Olimpiade Kimia Tingkat Nasional yang diselenggarakan oleh Event Cerdas. Ia juga pernah meraih juara 2 Olimpiade Kimia Tingkat Kabupaten yang diselenggarakan oleh MGMP Kimia SMA. Tentu hal tersebut membuat Adel bangga dan bersyukur.

Karena kegemarannya terhadap bidang IPA, kini ia menempuh pendidikan di S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jember. Ia lolos seleksi masuk kuliah melalui jalur PMDK atau jalur prestasi yang mengacu pada nilai rapor. Kuliah di keperawatan adalah keinginan pribadi Adel, karena ia berpendapat bahwa “Profesi perawat itu bisa mengajarkan diri sendiri ikhlas, dan membantu orang lain dengan sepenuh hati. Saya juga ingin memberikan pengobatan pada orang lain dengan cepat agar tidak terjadi seperti adik saya yang lumpuh, karena terlambat penanganan medis”, ungkap gadis yang memiliki hobi membaca ini.

(Baca juga: Alumni SMA Nuris, Lolos SNBT dan Siap Gass Poll Menjadi Pengusaha Sukses)

Organisasi yang pernah diikuti saat SMA yaitu ekstrakurikuler Madrasah Sains Kimia. Selain itu, ia juga dipercaya menjadi ketua divisi perpustakaan di pondok dalem timur. Dengan mengikuti berbagai kegiatan tersebut, bisa membuat Adel tumbuh menjadi sosok yang memiliki jiwa sosial yang baik, meningkatkan rasa percaya diri, serta belajar mengatur waktu. Kini, organisasi yang ia ikuti di kampus adalah KSR PMI.

Harapan Nazala di masa depan adalah bisa kuliah dengan baik dan lulus tepat waktu. Ia ingin mengejar cita-citanya selama ini yaitu menjadi seorang perawat profesional. Dorongan kuat dari orangtuanya juga turut membuat Adel semakin yakin dalam mengejar cita-citanya tersebut. “Keluarga saya sangat mendukung cita-cita saya, karena mereka juga sependapat dengan saya bahwa profesi perawat itu sangat mulia dan insyaallah bisa masuk ke dalam golongan orang yang bermanfaat”, jelasnya.

Banyak hikmah yang Adel rasakan manfaatnya hingga saat ini. Salah satunya adalah memiliki karakter yang kuat dan tangguh, serta memiliki pedoman hidup. “Karena mondok di Nuris, saya bisa paham batasan dalam bergaul. Jika itu kurang pantas, maka akan saya hindari. Seperti bergaul terlalu dekat dengan lawan jenis. Saya juga bisa menata rencana masa depan yang ingin dicapai.”, tutur Adel. [RY.Red]

Nama              : Adelya Putri Rahmaniar

Ttl                   : Jember, 05 Maret 2005

Alamat           : Jln. Letjend Sutoyo Kebonsari Jember

Lembaga        : SMA Nuris lulus tahun 2023

Kuliah : S1 Ilmu Keperawatan Universitas Muhammadiyah Jember 

Related Post